Abstrak RSS

Penggunaan Kamera Analog di Era Digital

Penggunaan Kamera Analog di Era Digital
DEVIKA PUTRI
Unpad
Indonesia
Unpad
, , ,

Devika Putri 210110140208, 2018. Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Judul Skripsi: “Penggunaan Kamera Analog di Era Digital”. Sub Judul Skripsi: “Studi Kasus Mengenai Fenomena Penggunaan Kamera Analog di Era Digital pada Komunitas Analog Bogor” dengan Pembimbing Utama Prof. H. Engkus Kuswarno, M.Si., dan Dra. Hj. Kismiyati El Karimah M.Si. selaku Pembimbing Pendamping.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fenomena penggunaan kamera analog di era digital pada komunitas Analog Bogor, meliputi alasan penggunaan kamera analog oleh anggota Analog Bogor, pengalaman penggunaan kamera analog, serta pandangan terhadap fenomena penggunaan kamera analog di era digital. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk mengungkapkan konteks penelitian dari berbagai sumber. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan juga studi dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga alasan utama anggota Analog Bogor menggunakan kamera analog, yakni hasil warna, fitur sederhana, dan harga yang terjangkau. Kemudian, dalam penggunaan kamera analog, penggunanya mendapatkan pengalaman yang berbeda dengan penggunaan kamera digital, sehingga membuat kamera analog memiliki daya tarik tersendiri. Fenomena penggunaan kamera analog di era digital ini dirasakan oleh berbagai pihak, termasuk juga fotografer dan bisnis pendukungnya. Tren penggunaan kamera analog di era digital juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, yakni adanya media sosial, influencer, dan bisnis pendukung fotografi film.

Download: File Abstrak ,