Abstrak RSS

PENGALAMAN KOMUNIKASI KESEHATAN ANGGOTA PEMUDA PEDULI KESEHATAN JAWA BARAT

PENGALAMAN KOMUNIKASI KESEHATAN ANGGOTA PEMUDA PEDULI KESEHATAN JAWA BARAT
Hikmah Anggraini
Unpad
Indonesia
Unpad
,

ABSTRAK

Hikmah Anggraini, 210110140054, 2018, “Pengalaman Komunikasi Kesehatan Anggota Pemuda Peduli Kesehatan Jawa Barat (Studi Fenomenologi mengenai Pengalaman Komunikasi Kesehatan Anggota Pemuda Peduli Kesehatan Jawa Barat dalam Perilaku Hidup Bersih dan Sehat)”, Dr. Hj. Jenny Ratna Suminar, M.Si., sebagai Pembimbing Utama, dan Dr. Hj. Purwanti Hadisiwi, M.Ext.Ed., sebagai Pembimbing Pendamping, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif, makna diri, serta mengetahui bagaimana penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) oleh anggota Pemuda Peduli Kesehatan Jawa Barat (PPK Jabar). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam yang dilakukan kepada 6 orang informan anggota Pemuda Peduli Kesehatan Jawa Barat (PPK Jabar) yang dipilih secara purposif.
Hasil penelitian ini menunjukkan motif seseorang menjadi anggota Pemuda Peduli Kesehatan Jawa Barat (PPK Jabar) terbagi menjadi motif sebab, yaitu ajakan dari orang lain dan motif tujuan, 1) mendapatkan pengalaman, 2) mengembangkan kemampuan, dan 3) menjalin relasi. Makna diri anggota Pemuda Peduli Kesehatan Jawa Barat (PPK Jabar) terdiri dari dua, 1) panutan bagi masyarakat, dan 2) individu yang aktif di organisasi. Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) anggota Pemuda Peduli Kesehatan Jawa Barat (PPK Jabar) terbagi menjadi tiga tema, 1) anggota yang sudah menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), dan 2) anggota yang mengajak orang-orang disekitarnya untuk ikut menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Download: File Abstrak ,