Abstrak RSS

FUNGSI EDUKASI KORAN JAWA POS DALAM MENCEGAH PENYEBARAN HOAX DENGAN RUBRIK HOAX ATAU BUKAN

FUNGSI EDUKASI KORAN JAWA POS DALAM MENCEGAH PENYEBARAN HOAX DENGAN RUBRIK HOAX ATAU BUKAN
ALIFIA NUURMA ADDINI
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , ,

Alifia Nuurma Addini, 210110140158. Fungsi Edukasi Koran Jawa Pos dalam Mencegah Penyebaran Hoax dengan Rubrik “Hoax atau Bukan”. Pembimbing utama Pandan Yudhapramesti, S. Sos., MT. Pembimbing Pendamping Efi Fadilah, S. Sos.,. Program Studi Ilmu Jurnalistik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana fungsi edukasi yang dilakukan koran Jawa Pos untuk mencegah penyebaran hoax dengan rubrik “Hoax atau Bukan”. Penelitian ini menggunakan metode kulitatif dengan pendekatan Studi Kasus Robert E Stake terhadap rubrik “Hoax atau Bukan” koran Jawa Pos.
Hasil penelitian menunjukkan Jawa Pos melakukan menerbitkan rubrik “Hoax atau Bukan” berdasarkan latar belakang keprihatinan terhadap media sosial. Proses yang dilakukan untuk menyusun konten rubrik “Hoax atau Bukan” adalah pencarian ide, klarifikasi, penulisan, dan penyuntingan. Tindakan Jawa Pos berdasarkan fungsi edukasi pers dalam Undang-Undang No 40 tahun 1999. Pelaksanaan fungsi edukasi lewat literasi berita dengan mengajarkan masyarakat mengenali berita dan hoax. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Rubrik “Hoax atau Bukan” dapat meningkatkan literasi berita masyarakat karena mengajari masyarakat untuk kritis terhadap informasi yang didapatkan.

Download: File Abstrak ,