Abstrak RSS

Adaptasi Mahasiswa Batak di Lingkungan Masyarakat Sunda

Adaptasi Mahasiswa Batak di Lingkungan Masyarakat Sunda
Yohana Sarah Aprilia Siburian
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Yohana Sarah Aprilia Siburian, 210110140016. Mahasiswa Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Jatinangor. Penelitian ini berjudul Adaptasi Mahasiswa batak di Lingkungan Masyarakat Sunda dan dibimbing oleh Dr. Eni Maryani, M.Si. selaku pembimbing utama dan H. Duddy Zein, Drs., M.Si. selaku pembimbing pendamping.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motif mahasiswa Batak melakukan adaptasi di lingkungan masyarakat Sunda, mengetahui pengalaman mahasiswa Batak terkait interaksi komunikasi dengan masyarakat Sunda, dan mengetahui konstruksi makna budaya Sunda oleh mahasiswa Batak di lingkungan masyarakat Sunda. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa asal Sumatera Utara yang berasal dari etnis Batak dan bergabung dengan Komunitas Solidaritas Mahasiswa Batak (SOMBA). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi serta Teori Interaksi Simbolik oleh Herbert Blumer (1863-1931). Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara mendalam dan studi literatur.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa motif mahasiswa Batak melakukan adaptasi di lingkungan masyarakat Sunda yaitu motif untuk pergaulan, dorongan untuk mendapatkan rasa aman maupun nyaman, serta keinginan belajar budaya Sunda. Pengalaman interaksi komunikasi di lingkungan masyarakat Sunda yaitu pengalaman bergaul dengan dengan teman etnis Sunda, pengalaman bergaul dengan masyarakat Sunda di lingkungan tempat tinggal, serta pengalaman mengikuti kegiatan sosial di lingkungan masyarakat Sunda. Mahasiswa Batak memaknai budaya Sunda tentang makanan khas Sunda, kesenian khas Sunda, bahasa Sunda, nilai kesopanan yang berlaku di masyarakat Sunda, dan tentang orang Sunda.

Download: File Abstrak ,