Abstrak RSS

Dinamika Harga Dan Marjin Pemasaran Beras Pada Pasar Beras Indonesia (Price Dynamics And Margin Marketing of Rice On Indonesian Rice Market)

Dinamika Harga Dan Marjin Pemasaran Beras Pada Pasar Beras Indonesia (Price Dynamics And Margin Marketing of Rice On Indonesian Rice Market)
Desi Aryani, Ronnie Susman Natawidjaja, Trisna Insan Noor
Universitas Padjadjaran, AGRIPITA Vol. 1, No.1 Mei 2017, hlm. 57-63, ISSN : 2580-0612
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran, AGRIPITA Vol. 1, No.1 Mei 2017, hlm. 57-63, ISSN : 2580-0612
, , , , ,

Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis fluktuasi harga beras dan perubahan marjin pemasaran beras antar waktu di Indonesia serta mengkaji penyebab terjadinya perubahan tersebut. Met ode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode empiris yang menggunakan alat analisis statistik dan ekonometrik dalam klasifikasi Time series models. Data yang digunakan bersumber dari Badan Pusat Statistik, merupakan data sekunder yaitu data bulanan harga gabah kering giling (GKG) tingkat produsen dan harga beras tingkat konsumen dari tahun 2008 sampai tahun 2015. Hasil analisis menunjukkan bahwa harga beras yang menggunakan data harga riil baik di tingkat produsen maupun di tingkat konsumen menunjukkan kecenderungan menaik dari tahun ke tahun. Hal ini berarti bahwa selain inflasi ada faktor lain yang menyebabkan terjadinya kenaikan harga beras. Harga beras di Indonesia selain cenderung mengalami kenaikan setiap tahunnya juga tampak berfluktuasi antar waktu, dimana fluktuasi harga lebih besar di tingkat petani dibandingkan harga di tingkat konsumen. Harga beras di tingkat produsen dan harga di tingkat konsumen bergerak dengan pola yang tidak sama pada tahun 2014, hal ini menyebabkan perbedaan marjin pemasaran beras antar waktu di Indonesia. Perbedaan marjin pemasaran beras terjadi akibat struktur pasar beras di Indonesia adalah pasar bersaing tidak sempurna atau cenderung oligopsoni/ oligopoli, pada pasar beras pedagang merupakan price maker sedangkan petani maupun konsumen beras adalah price taker.

This paper aims to analyze the fluctuations of rice price and rice marketing margin changes over time in Indonesia as well as examine the causes of these changes. The method used in this research is the empirical method that uses statistical and econometric analysis tool in the classification of time seri es models. Data are obtained from the Central Bureau of Statistics, the secondary data are monthly data of dry milled grain price in producer level and rice price in consumer level from 2008 to 2015. The analysis showed the rice price that uses real price data both at the level of producer and consumer are showed an upward trend. It means beside inflation, there is another factor that caused the rising of rice prices. The rice price in Indonesia tends to increase ever y year, it is also seemed to fluctuate over time, with a larger price fluctuations at the farm level than consumer level. The rice price in producer and consumer level did not move with the same pattern in 2014, this led to the difference marketing margins among the time. Differences rice marketing margin is due to the structure of the rice market in Indonesia is imperfectl y competitive market or tend to oligopsony / oligopol y, in the market of rice trader is a price maker while rice farmers and consumers are price takers.

Download: .Full Papers