Abstrak RSS

Kinerja Koperasi Konsumen di Provinsi Jawa Barat Sebagai Implikasi dari Loyalitas Anggota Yang Ditentukan Oleh Nilai Anggota, Kualitas Pelayanan, dan Pemasaran Relasional

Kinerja Koperasi Konsumen di Provinsi Jawa Barat Sebagai Implikasi dari Loyalitas Anggota Yang Ditentukan Oleh Nilai Anggota, Kualitas Pelayanan, dan Pemasaran Relasional
Rizal Ramdan Padmakusumah
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , ,

Penelitian terkait evaluasi kinerja perusahaan, nilai pelanggan, kualitas pelayanan, pemasaran relasional serta loyalitas pelanggan pada perusahaan jenis koperasi koperasi konsmen sangatlah jarang dilakukan. Penelitian ini dilakukan pada koperasi konsumen di Provinsi Jawa Barat Indonesia. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui nilai anggota, kualitas pelayanan, pemasaran relasional, loyalitas anggota dan kinerja koperasi konsumen serta bagaimana bentuk hubungan atau pengaruhnya satu sama lain. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan alat analisis yang digunakan yaitu Partial Least Square-Structural Equation Modeling atau PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada koperasi konsumen: (1) terdapat indikator khusus yang digunakan untuk menilai loyalitas anggota yaitu “indikator partisipasi anggota dalam memajukan koperasi”, (2) nilai anggota, kualitas pelayanan, dan loyalitas anggota memiliki pengaruh langsung terhadap kinerja koperasi, (3) kualitas pelayanan dan pemasaran relasional memiliki pengaruh langsung terhadap loyalitas anggota, (4) kualitas pelayanan dan pemasaran relasional mempengaruhi kinerja koperasi secara tidak langsung melalui mediasi loyalitas anggota. Hasil dari penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pengelola koperasi konsumen untuk mengevaluasi kualitas program atau kebijakan koperasinya dalam hal penciptaan nilai anggota, kualitas pelayanan, pemasaran relasional, loyalitas anggota, dan untuk mengevaluasi serta meningkatkan kinerja koperasi. Bagi akademisi dan peneliti, penelitian ini dapat menjadi referensi untuk pengembangan teori atau penelitian lebih lanjut terkait pemasaran pada koperasi konsumen. Bagi pemerintah, penelitian ini dapat menjadi acuan untuk menciptakan atau memperbaiki program seminar, pendidikan, dan pelatihan mereka dalam bidang pemasaran bagi koperasi konsumen yang mereka bina.