Abstrak RSS

Strategi Bersaing UMKM Fesyen Muslim Online Untuk Peningkat an Ekonomi Kreatif di Jawa Barat

Strategi Bersaing UMKM Fesyen Muslim Online Untuk Peningkat an Ekonomi Kreatif di Jawa Barat
Maria Apsari Sugiat
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , ,

Penelitian bertujuan untuk mengkaji strategi bersaing UMKM fesyen muslim online Jawa Barat melalui kreasi nilai, inovasi pemasaran, keunikan sumber daya dan kinerja bisnis terhadap peningkatan ekonomi kreatif di Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan explanatory survey. Unit analisis dalam penelitian ini adalah UMKM industri kreatif fesyen muslim online di Jawa Barat. Sedangkan unit observasinya adalah pemilik UMKM industri kreatif fesyen muslim online di Jawa Barat. Populasi penelitian ini melibatkan 295 orang pelaku usaha, sampel diambil secara random dari pelaku usaha fesyen muslim di Jawa Barat. Data dianalisis dengan menggunakan melalui partial least square-structural equation modelling (PLS).
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa UMKM fesyen muslim online dalam menentukan strategi bersaing untuk kreasi nilai, mempertimbangkan pengaruh manfaat superior bagi pelanggan, domain bisnis dan kemitraan bisnis. Dan strategi bersaing untuk inovasi pemasaran berupa produk yang memiliki keunikan dan kelebihan, teknologi pemasaran yang memanfaatkan e-commerce, dan konsep pemasaran yang tepat merupakan bagian yang mempengaruhi strategi bersaing UMKM fesyen muslim online. Temuan strategi bersaing UMKM lainnya terutama berkaitan dengan keunikan sumber daya adalah berupa aset berwujud yang cukup menjadi bagian yang dipertimbangkan, dan aset tidak berwujud menjadi bagian yang perlu dipertimbangkan, termasuk kapabilitas organisasi yang memadai.
Penelitian ini juga menemukan bahwa strategi bersaing terhadap kinerja bisnis pada UMKM fesyen muslim terdapat pengaruh yang paling dominan untuk dipertimbangkan, yaitu aspek diferensiasi yang memiliki pengaruh dan peran terbesar, sedangkan aspek fokus dan aspek kepemimpinan biaya juga berpengaruh, namun tidak dominan. Variabel seperti kreasi nilai, inovasi pemasaran, keunikan sumber daya, terhadap kinerja bisnis memiliki pengaruh tidak langsung yaitu melalui strategi bersaing pada UMKM fesyen muslim online di Jawa Barat.
Penelitian menghasilkan novelty yang diberi nama “Model strategi bersaing UMKM fesyen muslim online di Jawa Barat”. Novelty penelitian ini mengungkapkan bahwa untuk mencapai kinerja bisnis yang superior, UMKM fesyen muslim online harus merumuskan dan mengimplementasikan strategi bersaing yang tepat dan didukung oleh kreasi nilai dan inovasi pemasaran serta sumber daya yang unik berupa peningkatan dan pengembangan proses bisnis.