Abstrak RSS

KINERJA PEMASARAN DIBENTUK BERDASARKAN ORIENTASI PASAR DAN KAPABILITAS INOVASI MELALUI PENCIPTAAN NILAI (STUDI PADA SENTRA RAJUT DI KOTA BANDUNG)

KINERJA PEMASARAN DIBENTUK BERDASARKAN ORIENTASI PASAR DAN KAPABILITAS INOVASI MELALUI PENCIPTAAN NILAI (STUDI PADA SENTRA RAJUT DI KOTA BANDUNG)
rizki zulfikar
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , ,

Diberlakukannya Pasar ASEAN-China Free Trade Area (ACFTA) yaitu masuknya barang-barang impor cina yang murah dan inovatif yang membanjiri pasar lokal serta persaingan usaha yang semakin ketat memberikan imbas kepada usaha kecil dan menengah dalam negeri. Tidak terlepas pula pelaku usaha kecil menengah yang bergerak disektor industri tekstil khususnya rajut dituntut untuk menghasilkan produk yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Produk yang berorientasi pada pasar membutuhkan kemampuan inovasi pelaku usaha untuk menghasilkan produk yang bernilai superior sehingga dapat mempertahankan atau meningkatkan kinerja pemasaran.Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan kajian kinerja pemasaran yang dipengaruhi oleh orientasi pasar dan kapabilitas inovasi melalui penciptaan nilai.
Penelitian ini bersifat deskriptif, verifikatif dan eksplanatory, data yang diperoleh melalui sensus terhadap 281 pelaku usaha kecil menengah sentra rajut Kota Bandung yang melakukan kegiatan produksi secara berkesinambungan. Pengujian hipotesis menggunakan statistika multivariat dengan alat uji model persamaan struktural yang diolah dengan menggunakan program lisrel 8.7
Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar sudah cukup baik, kapabilitas inovasi sudah cukup mampu, penciptaan nilai sudah cukup baik, serta kinerja pemasaran dicapai sudah cukup tinggi. Orientasi pasar tidak berpengaruh signifikan secara langsung terhadap kinerja pemasaran akan tetapi berpengaruh signifikan secara tidak langsung melalui penciptaan nilai. Sedangkan kapabilitas inovasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran baik secara langsung maupun tidak langsung melalui penciptaan nilai. Hasil uji moderasi menunjukkan pengaruh kapabilitas inovasi terhadap kinerja pemasaran melalui penciptaan nilai adalah full intervening. Orientasi pasar dan kapabilitas inovasi berpengaruh terhadap penciptaan nilai, dimana pengaruh kapabilitas inovasi secara parsial lebih besar terhadap penciptaan nilai dari pada orientasi pasar. Penciptaan nilai berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran. Novelty penelitian ini orientasi pasar dan kapabilitas inovasi kurang bermakna tanpa diwujudkan melalui penciptaan nilai yang superior sehingga mempertahankan atau meningkatkan kinerja pemasaran.