Abstrak RSS

Modifikasi Mesin Penyosoh Hanjeli (Coix Lacyma-Jobi L.) TEP-0519

Modifikasi Mesin Penyosoh Hanjeli (Coix Lacyma-Jobi L.) TEP-0519
Imas Susanti
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Mesin penyosoh hanjeli TEP-04 yang dikembangkan di Laboratorium Alat dan Mesin Pertanian, FTIP, Unpad, memiliki beberapa kekurangan yaitu kapasitas aktual rendah (1,31 kg/jam), hasil sosohan tidak merata, getaran mesin melebihi standar (>4 mm/s), dan kebisingan melebihi ambang batas (>90 dB). Hal ini karena mesin melakukan dua mekanisme kerja yang berbeda yaitu mengupas dan menyosoh. Sehingga mesin perlu dilakukan modifikasi mesin untuk meningkatkan kinerja dan efektivitas.
Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu rekayasa keteknikan pada perancangan komponen utama yaitu unit penyosoh, unit pemisah, sistem transmisi dan rangka mesin. Kemudian dilakukan pengukuran uji kinerja mesin secara kontinyu dan batch untuk mengetahui hasil perancangan terbaik. Hasil modifikasi yaitu mesin penyosoh hanjeli TEP-0519 memiliki tinggi 1250 mm, lebar 400 mm, dan panjang 900 mm. Mesin ini hanya digunakan untuk proses penyosohan saja.
Hasil pengukuran uji kinerja mesin penyosoh hanjeli TEP-0519 menunjukan bahwa sistem penyosohan dan waktu penyosohan sangat mempengaruhi nilai kapasitas mesin dan mutu kualitas penyosohan. Sistem batch adalah sistem terbaik yang dapat digunakan untuk penyosohan dengan durasi penyosohan selama 3 menit. Mesin memiliki kapasitas aktual 23,59 kg/jam, efisiensi mesin 94,96%, nilai rendemen penyosohan 81,95%. Ketika diberi beban, mesin memiliki kecepatan putar 1409 rpm, kebutuhan daya aktual 1,40 kW, dan kebisingan 86,95 dB, dan getaran mesin 2,97 mm/s. Berdasarkan hasil pengukuran uji kinerja, mesin penyosoh hanjeli TEP-0519 secara fungsional layak untuk digunakan dalam proses produksi beras hanjeli putih.