Abstrak RSS

ANALISIS BIAYA SAKIT PASIEN RAWAT JALAN GANGGUAN JIWA DAN PROGRAM PELAYANAN KESEHATAN STUDI KASUS: RUMAH SAKIT JIWA PROVINSI JAWA BARAT

ANALISIS BIAYA SAKIT PASIEN RAWAT JALAN GANGGUAN JIWA DAN PROGRAM PELAYANAN KESEHATAN STUDI KASUS: RUMAH SAKIT JIWA PROVINSI JAWA BARAT
RANGGA KUSUMAWARDANA
Unpad
Indonesia
Unpad
, , ,

Penyakit Psikotik atau gangguan jiwa adalah sindrom atau pola perilaku, atau psikologik seseorang, yang secara klinik cukup bermakna, dan secara khas berkaitan dengan suatu gejala penderitaan (distress) atau disability di dalam satu atau lebih fungsi yang penting dari manusia. Analisis biaya (cost analysis) merupakat alat analisis yang dapat memberikan gambaran secara menyeluruh biaya intervensi untuk mengevaluasi sumber daya yang dibutuhkan. Hasil analisis biaya dapat digunakan sebagai alat perencanaan penganggaran khususnya dalam upaya pengendalian dan pelayanan dalam penanggulangan penyakit kejiwaan.
Penelitian membahas analisa biaya rawat jalan penyakit psikotik yang terjadi di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat pada periode Oktober tahun 2014 – September tahun 2015. Peneliti membahas berapa beban finansial pada pasien gangguan psikotik dari sudut pandang pasien (Patient Cost Perspective) sudut pandang penyedia jasa dan pemerintah (Health Care Cost Perspective) serta dari sudut pandang sosial (Social Perspective).
Berdasarkan societal perspective total biaya untuk pengobatan rawat jalan penyakit psikotik di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat ialah sebesar Rp 3,365,819,415 dengan biaya rata-rata per pasien (unit cost) yaitu sebesar Rp 579,115. Berdasarkan hasil perhitungan total biaya maka didapat persentase tertinggi yang menyumbangkan biaya ialah biaya tidak langsung (indirect cost) sebesar 37,2% dari total pembiayaan.