Abstrak RSS

Personal Knowledge Management 2.0 dan Hubungannya terhadap Innovation Capability dengan Social Capital sebagai Moderator

Personal Knowledge Management 2.0 dan Hubungannya terhadap Innovation Capability dengan Social Capital sebagai Moderator
WULAN NURFITRI PUTRI IRAWAN
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , , ,

ABSTRAK

Cimahi sebagai salah satu kota kreatif, telah mengembangkan Industri Film dan Animasi sebagai bidang unggulannya. Animasi dan Film merupakan bagian dari ekonomi kreatif yang sangat ditopang oleh informasi, pengetahuan, dan kemampuan dari sumber daya manusia. Hal ini memerlukan sumbed daya manusia yang tidak hanya kreatif dalam menciptakan sesuatu, namun juga inovatif dalam menerapkan perubahan-perubahan di kondisi yang baru agar dapat bersaing dan unggul, yang pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Kota Cimahi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen pengetahuan personal 2.0 mempengaruhi kemampuan berinovasi pada individu. Selain itu, penelitian ini juga melihat bagaimana keberadaan modal sosial yang dimiliki individu dapat mempengaruhi hubungan keduanya sebagai variabel moderasi. Data penelitian diperoleh dari individu-individu yang bekerja di Industri Kreatif di Subsektor Film dan Animasi Kota Cimahi. Analisis data menggunakan partial least square dengan first order confirmatory factor analysis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pengetahuan personal 2.0 berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berinovasi pada individu yang bekerja di Industri Kreatif Subsektor Film dan Animasi Kota Cimahi. Keberadaan modal sosial pada individu dapat memoderasi secara signifikan hubungan antara keduanya.