Abstrak RSS

ANALISIS KUALITAS AIR SUMUR DI SEKITAR KAWASAN INDUSTRI TEKSTIL KOTA CIMAHI (Studi Kasus Air Sumur Warga Di Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi)

ANALISIS KUALITAS AIR SUMUR DI SEKITAR KAWASAN INDUSTRI TEKSTIL KOTA CIMAHI (Studi Kasus Air Sumur Warga Di Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi)
Shinta Atilia Diatara
Unpad
Indonesia
Unpad

Air sumur merupakan salah satu sumberdaya air yang biasa digunakan oleh masyarakat sebagai sumber air untuk memenuhi kehidupan sehari-hari. Air sumur biasa digunakan karena air sumur murah dan dapat memenuhi kebutuhan akan air bagi kehidupan sehari-hari. Air Sumur di dekat kawasan industri tekstil di Kota Cimahi berpotensi tercemar limbah cair industri tekstil yang berasal dari pabrik sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas air sumur di sekitar kawasan industri tekstil, mengetahui pengaruh jarak dari Sungai Cibaligo ke kawasan industri teksil, mengetahui pengaruh jarak dari sumur ke Sungai Cibaligo. Sungai Cibaligo merupakan tempat pembuangan limbah cair industri tekstil di Kota Cimahi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif, metode penentuan status mutu air yang digunakan adalah metode STORET. Parameter yang di uji pada penelitian inimeliputi tss, krom total, fenol total, suhu, warna dan pH dari masing-masing sumur dan masing-masing sungai. Hasil dari pengujian masing-masing parameter tersebut, maka akan diketahui kualitas air sumur di sekitar kawasan Industri Teksil Di Kota Cimahi. Hasil penelitian mengenai kualitas air sungai menunjukkan bahwa pada setiap interval jarak sungai terhadap kawasan industri tekstil dimulai dari jarak 249 m, 295 m dan 324 m tercemar sedang sedangkan kualitas air sumur yang berjarak dari sungai 46,1 m memiliki kualitas air yang baik, sedangkan sumur yang memiliki interval jarak dari sungai mulai dari 58,2 m dan 82,64 m menunjukkan bahwa air sumur tersebut tercemar ringan.

Kata kunci: Kualitas Air, Kawasan Industri Tekstil, Limbah Cair Industri Tekstil, Metode STORET.