Abstrak RSS

ANALISIS STRATEGI VALUE INVESTING PADA PASAR SAHAM INDONESIA

ANALISIS STRATEGI VALUE INVESTING PADA PASAR SAHAM INDONESIA
Jessica Christie Saranga
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja portofolio yang dibentuk berdasarkan strategi value investing di pasar saham Indonesia yang dinilai banyak memiliki saham-saham yang undervalued. Untuk mengukur kinerja portofolio, maka return portofolio saham value akan dibandingkan dengan return pasar yang dicerminkan IHSG. Selain itu penelitian ingin mencari holding period dan ukuran portofolio yang dapat memaksimalkan return.
Sampel berasal dari KOMPAS 100 periode 2009-2017, dimana indeks ini akan dievaluasi tiap 6 bulan sekali, menyebabkan sampel yang digunakan tiap kuartalnya bisa berbeda. Penelitian menggunakan data keuangan kuartalan dan harga penutupan selama 35 kuartal untuk menghitung rasio P/E, P/S, ROA, dan ROIC yang dijadikan basis untuk proses perankingan.
Berdasarkan hasil simulasi terhadap 72 portofolio saham value menunjukkan 93% portofolio menghasilkan return outperform pasar. Namun, portofolio yang dibentuk berdasarkan indikator rasio ROA dan P/E tidak outperform secara signifikan.
Dapat disimpulkan portofolio saham value yang dibentuk berdasarkan ROA dan P/S serta ROIC dan P/S cenderung menghasilkan return lebih tinggi. Portofolio yang terdiri dari 5 saham dan memiliki holding period 3-6 bulan akan memiliki kinerja lebih optimal.