Abstrak RSS

MODEL STRATEGI HUMAN CAPITAL UNTUK MENINGKATKAN KINERJA UNIT BISNIS, DITINJAU DARI ASPEK TURBULENSI LINGKUNGAN, KEPEMIMPINAN STRATEGIS DAN BUDAYA ORGANISASI (Suatu Studi pada Unit Bisnis Operator Tel

MODEL STRATEGI HUMAN CAPITAL UNTUK MENINGKATKAN KINERJA UNIT BISNIS, DITINJAU DARI ASPEK TURBULENSI LINGKUNGAN, KEPEMIMPINAN STRATEGIS DAN BUDAYA ORGANISASI (Suatu Studi pada Unit Bisnis Operator Tel
Dwi Heriyanto Budisusetio
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , ,

Kinerja unit bisnis beberapa operator telekomunikasi di Indonesia mengalami penurunan pendapatan, khususnya beberapa unit bisnis produk legacy (voice dan sms), produk connectivity seperti jaringan komunikasi data, namun untuk produk digital service mengalami pertumbuhan pendapatan. Pertumbuhan pendapatan digital service belum dapat menutup kekurangan penurunan pendapatan di voice dan sms.
Turbulensi lingkungan unit bisnis telekomunikasi di Indonesia, khususnya dari turbulensi lingkungan kompetisi sangat ketat, hal ini terlihat adanya persaingan harga (price war) untuk beberapa produk legacy dan turbulensi lingkungan disruptive ditandai dengan adanya produk pengganti dari Over The Top(OTT) bisnis. Kepemimpinan strategis dapat melakukan transformasi dari telco ke digital company, budaya organisasi yang dapat beradaptasi, serta strategi human capital unit bisnis operator telekomunikasi yang tepat sehingga dapat meningkatkan terhadap kinerja unit bisnis.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari turbulensi lingkungan, kepemimpinan strategis, budaya organisasi, dan strategi Human Capital terhadap kinerja unit bisnis, baik secara parsial maupun simultan. Unit analisis dalam penelitian ini adalah pada unit bisnis di 5 operator besar telekomunikasi di Indonesia. Observasi dilakukan pada 55 unit bisnis yang dianalisis dengan teknik Partial Least Square (PLS).
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa; turbulensi lingkungan industri telekomunikasi tergolong tinggi, kepemimpinan strategis unit bisnis berada pada kategori cukup baik, budaya organisasi dalam kategori cukup baik, strategi human capital masuk kategori cukup tepat, dan kinerja unit bisnis operator telekomunikasi di Indonesia belum mencapai kategori yang tinggi. Turbulensi lingkungan, kepemimpinan strategis, dan budaya organisasi berperan dalam perumusan strategi human capital. Turbulensi lingkungan, kepemimpinan strategis, dan budaya organisasi berkontribusi dalam peningkatkan kinerja unit bisnis. Strategi human capital berperan penting dalam meningkatkan kinerja unit bisnis. Turbulensi lingkungan, kepemimpinan strategis, dan budaya organisasi mampu meningkatkan kinerja unit bisnis melalui strategi human capital.
Penelitian ini menghasilkan model strategi human capital yang disebut Strategi Human Capital “DWI Model”, yaitu model strategi Human Capital yang terdiri dari Delivering great people, Work on great culture dan Integrating great organization. Model Strategi Human Capital dengan DWI Model ini mempertimbangkan analisa faktor eksternal Turbulensi Lingkungan, analisa faktor internal seperti Kepemimpinan Strategis dan Budaya Organisasi, sehingga dapat meningkatkan Kinerja Unit Bisnis.