Abstrak RSS

STRATEGI PENGEMBANGAN KINERJA BANK GO PUBLIC BERBASIS KEUNGGULAN BERSAING

STRATEGI PENGEMBANGAN KINERJA BANK GO PUBLIC BERBASIS KEUNGGULAN BERSAING
Apep M.K. Noormansyah
Unpad
Indonesia
Unpad
, , ,

Kinerja perbankan dilihat dari keuntungan dan rentabilitas menunjukkan kecenderungan yang tidak stabil dalam lima tahun terakhir. Kondisi demikian diduga berkaitan dengan masalah keunggulan bersaing. Dimana hal itu berkaitan pula dengan permasalahan dalam aspek GCG, Biaya Pengembangan TI dan Biaya Pengembangan SDM. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh GCG, Biaya Pengembangan TI dan Biaya Pengembangan SDM terhadap keunggulan bersaing (BOPO, CAR, Fee based income/FBI) serta implikasinya pada kinerja perusahaan (ROA) perbankan konvensional yang tercatat di BEI periode 2011-2016.
Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dimana analisisnya menekankan pada data numerik (angka) yang diolah dengan metoda statistika. Populasi dalam penelitian ini adalah bank umum konvensional yang tercatat di BEI periode 2011-2016, sebanyak 37 bank (cross-section), dimana periodisasi laporan keuangan ditentukan selama 6 tahun yaitu 2011-2016 (time serries). Rancangan analisis yang digunakan adalah regresi untuk data panel.
Novelty penelitian ini adalah Strategi Pengembangan Kinerja Bank Berbasis Keunggulan Bersaing, yakni peningkatan kinerja perbankan melalui keunggulan bersaing dapat tercapai dengan memprioritaskan optimalisasi aspek efisiensi (BOPO) dan FBI.
Hasil temuan mengungkapkan bahwa GCG, Biaya Pengembangan/ Investasi TI, dan Biaya Pengembangan SDM berpengaruh terhadap BOPO, CAR, dan FBI. GCG memberikan pengaruh yang lebih besar dibandingkan Biaya Pengembangan SDM dan Biaya Pengembangan/Investasi TI dalam meningkatkan BOPO, CAR FBI. GCG, Biaya Pengembangan/Investasi TI, Biaya Pengembangan SDM, BOPO, CAR, dan FBI berpengaruh terhadap ROA. GCG dan BOPO memberikan pengaruh yang lebih besar dibandingkan Biaya Pengembangan SDM, dan Biaya Pengembangan/ Investasi TI serta FBI dalam meningkatkan ROA.