Abstrak RSS

Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Aglomerasi Ekonomi, dan Investasi Terhadap Ketimpangan Regional di Pulau Jawa

Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Aglomerasi Ekonomi, dan Investasi Terhadap Ketimpangan Regional di Pulau Jawa
HIDAYATULLAH
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , , ,

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pertumbuhan ekonomi, aglomerasi atau pemusatan kegiatan ekonomi, dan investasi terhadap ketimpangan regional pada enam provinsi di pulau Jawa, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, dan Banten. Penelitian ini menggunakan data panel dari tahun 2004 sampai dengan 2017.

Ketimpangan regional sebagai variabel dependen diukur menggunakan indeks williamson. Variabel dependen yang digunakan adalah pertumbuhan ekonomi menggunakan pendekatan PDRB per Kapita, aglomerasi ekonomi menggunakan indeks location quotient, tingkat investasi, serta pendidikan menggunakan rata-rata lama sekolah. Metode penelitian ini menggunakan metode regresi linier berganda data panel dengan model random effect (RE).

Hasil estimasi menunjukkan bahwa aglomerasi ekonomi dan investasi berpengaruh positif secara signifikan. Sedangkan, pertumbuhan ekonomi dan pendidikan berpengaruh negatif. Akan tetapi, pertumbuhan ekonomi tidak berpengaruh secara signifikan.