Abstrak RSS

PENGARUH PERSEPSI KONSUMEN TENTANG PRINSIP KONSUMSI ISLAM TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMSI MAKANAN HALAL (STUDI KASUS : MAHASISWA PERGURUAN TINGGI NEGERI KOTA BANDUNG)

PENGARUH PERSEPSI KONSUMEN TENTANG PRINSIP KONSUMSI ISLAM TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMSI MAKANAN HALAL (STUDI KASUS : MAHASISWA PERGURUAN TINGGI NEGERI KOTA BANDUNG)
SHYAHIDNA PURNA AULYIA
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Kebiasaan mahasiswa dalam berkonsumsi dapat digambarkan oleh
analisis pengaruh dari sifat isyraf, tabzir, dan maslahah, juga tingkat
kepuasan dan pemasukan sebagai prinsip konsumsi Islam mahasiswa
perguruan tinggi negeri Kota Bandung terhadap keputusan konsumsi
makanan halal, dengan menggunakan data primer dan pendekatan deskriptif
kuantitatif dengan menggunakan 100 sampel yaitu mahasiswa. Metode olah
data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear
berganda dengan tingkat alpha sebesar 0,1.
Penelitian ini menunjukan bahwa dari semua variabel bebas pada
penelitian, terdapat dua variabel bebas yaitu maslahah dan isyraf yang
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumsi makanan
halal mahasiswa, sedangkan variabel lainnya seperti tabzir, tingkat kepuasan
dan pemasukan dengan keputusan konsumsi makanan mahasiswa tidak
berpengaruh signifikan secara parsial. Secara simultan, seluruh variabel
bebas memiliki pengaruh terhadap keputusan konsumsi makanan halal
mahasiswa dan juga berpengaruh secara positif, yang berarti bahwa
kenaikan dari kebiasaan mahasiswa dalam menerapkan prinsip konsumsi
Islam mempengaruhi peningkatan dalam keputusan konsumsi makanan halal
mahasiswa .