Abstrak RSS

Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Awareness Produk Baru Sony Playstation (Studi Pada Event Electronic Entertainment Expo)

Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Awareness Produk Baru Sony Playstation (Studi Pada Event Electronic Entertainment Expo)
Muhammad Rifky Satrio Adi
Unpad
Indonesia
Unpad
, , ,

Social media marketing adalah suatu aktivitas yang menggunakan sosial media sebagai suatu aktivitas memasarkan suatu produk atau jasa. Sosial media marketing merupakan bagian dari digital marketing. Social media marketing digunakan untuk meraih berbagai golongan dengan pengeluaran yang murah bahkan tak harus mengeluarkan budget sedikitpun serta berguna dalam membangun hubungan, dan menciptakan komunitas, berbagi informasi kepada pengguna media sosial lainnya tanpa dibatasi oleh waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh social media marketing pada event E3 terhadap brand awareness Sony Playstation. Dimensi yang digunakan untuk mengukur variabel social media marketing dalam penelitian ini adalah online communities, interaction, sharing of contents, accessibility, dan credibility. Sedangkan brand awareness dalam penelitian ini menggunakan dimensi top of mind, brand recall, brand recognition, dan brand unware. Penelitian ini mendapatkan data dari hasil 133 kuesioner online yang disebar kepada anggota komunitas gaming Discord yang berusia 10 – 50 tahun pernah menggunakan produk dari Sony Playstation serta menyaksikan live streaming E3 di YouTube maupun Instagram. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa social media marketing berpengaruh sebesar 40,8% terhadap brand awareness, sedangkan sisanya sebesar 59,2% dipengaruhi oleh variabel- variabel lainnya yang tidak masuk kedalam penelitian ini.