Abstrak RSS

ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN CALON INDUK SAPI PERAH (Survei Di Wilayah Kerja Kpbs Kecamatan Pangalengan)

ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN CALON INDUK SAPI PERAH (Survei Di Wilayah Kerja Kpbs Kecamatan Pangalengan)
NIZAR MOCHAMMAD YUSUF
Unpad
Indonesia
Unpad
,

Penelitian berjudul “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Calon Induk Sapi Perah” telah dilaksanakan di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung pada bulan April 2019. Penelitian bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dipertimbangkan peternak dalam membeli calon induk, dan alasan peternak membesarkan calon induk. Penelitian ini menggunakan metode survei, jumlah responden sebanyak 70 peternak anggota KPBS yang diambil dengan menggunakan metode simple random sampling. Model yang digunakan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor-faktor yang dipertimbangkan peternak dalam membeli calon induk sapi perah adalah harga pedet betina, produksi susu dan pendapatan yang secara simultan berpengaruh nyata terhadap permintaan calon induk sapi perah. Alasan peternak dalam membeli calon induk dibandingkan dengan membesarkan sendiri adalah untuk menambah populasi, meningkatkan produksi dan mengisi kekosongan kandang.