Abstrak RSS

Mahkota Baja Nirkarat (Stainless Steel Crown) Pada Gigi Sulung; Tinjauan Korosi Dan Inflamasi

Mahkota Baja Nirkarat (Stainless Steel Crown) Pada Gigi Sulung; Tinjauan Korosi Dan Inflamasi
Ratna Indriyanti
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Stainless Steel Crown (SSC) adalah tumpatan sementara berbentuk anatomi gigi, terbuat dari paduan logam (alloy) nirkarat yang mudah dibentuk untuk diadaptasikan pada gigi sulung posterior. SSC merupakan paduan austenitik Stainless Steel 18/8 dari kelompok AISI 304 yang mengandung Chrome 18% dan Nikel 8%, dapat digunakan untuk bahan tambal sementara maupun tetap pada gigi yang mengalami kerusakan yang luas karena karies, fraktur mahkota, hipoplasia email, atau restorasi setelah perawatan saraf.1,2,3.

Terlepasnya unsur Ni+2 dalam SSC akibat proses korosi di dalam cairan elektrolit mulut menyebabkan reaksi inflamasi pada gusi yang ditandai dengan munculnya respon imun sistemik dan lokal.4,5,6. Kehadiran sitokin proinflamasi seperti TNFá dan IL-1â mempunyai fungsi utama dalam membantu mengawali dan memperkuat setiap respon inflamasi 7,8,9,10,11,12.

Tingkat korosi dan pelepasan ion-ion tergantung pada komposisi logam, temperatur dan pH lingkungan, dan keausan metal karena friksi dan abrasi, ada tidaknya solder, dan regangan yang terjadi 4,6.

Korosi dalam rongga mulut karena reaksi logam paduan baja nirkarat dengan cairan elektrolit mulut merupakan kejadian yang sulit untuk dihindari karena beberapa faktor yang mempengaruhi lingkungan rongga mulut, seperti komposisi dan prosedur pemasangan SSC, pola hidup, serta kondisi fungsional dan parafungsional.

Download: pdf