Abstrak RSS

Peranan Kepemimpinan Penyuluh Peternakan Dalam Upaya Mempertahankan Keberlanjutan Usaha Anggota Koperasi

Peranan Kepemimpinan Penyuluh Peternakan Dalam Upaya Mempertahankan Keberlanjutan Usaha Anggota Koperasi
Lilis Nurlina
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , ,

Penelitian ini beranjak dari tingkat produksi dan kualitas susu yang dihasilkan peternak belum sesuai dengan upaya peningkatan kesejahteraan peternak anggota koperasi. Mencermati hal ini, maka peranan penyuluh peternakan dalam upaya meningkatkan kemampuan peternak sapi perah, memfasilitasi peternak untuk dapat memperoleh kesempatan berusaha yang merata melalui organisasi koperasi sapi perah sehingga diperoleh para peternak yang “mandiri” yang senantiasa berorientasi pada pasar, disiplin, bekerja keras, mampu menghadapi resiko usaha, mampu bekerja sama bahkan berkompetisi, serta percaya pada kemampuan sendiri.

Maksud dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : pelaksanaan kepemimpinan penyuluh peternakan, kemampuan anggota koperasi untuk mempertahankan keberlanjutan usaha, dan peranan kepemimpinan penyuluhan peternakan dalam upaya mempertahankan keberlanjutan usaha anggota koperasi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey. Penelitian sampel dilakukan dengan cara simple random sampling untuk pemilihan kelompok dan peternak anggota kelompok sekaligus anggota koperasi. Jumlah responden terpilih sebanyak 30 orang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : tingkat pelaksanaan kepemimpinan penyuluh peternakan termasuk kategori cukup, tingkat kemampuan anggota koperasi dalam mempertahankan keberlanjutan usaha anggotapun baru termasuk kategori cukup, dan kepemimpinan penyuluh peternakan memiliki peran yang cukup berarti dalam upaya mempertahankan keberlanjutan usaha anggota koperasi.

Download: pdf