Abstrak RSS

Perbandingan Komoditas Unggulan Pada Berbagai Kecamatan Di Kabupaten Sumedang Dengan Menggunakan Analisis Korespondensi

Perbandingan Komoditas Unggulan Pada Berbagai Kecamatan Di Kabupaten Sumedang Dengan Menggunakan Analisis Korespondensi
Irlandia Ginanjar, I Gede Nyoman Mindra Jaya Dan Budhi Handoko
Unpad
Indonesia
Unpad
, , ,

Penelitian ini bertujuan untuk mengolah data komoditas pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan pada berbagai kecamatan di Kabupaten Sumedang dengan menggunakan Analisis Korespondensi yang mana peta presepsi yang dihasilkan oleh analisis tersebut dapat dipakai untuk mendapatkan informasi yang berguna dalam menentukan komoditas unggulan pada masing-masing kecamatan di Kabupaten Sumedang, sehingga timbul pertanyaan bagaimana cara memperoleh masukan untuk pemerintahan Kabupaten Sumedang dalam merumuskan kebijakan, tindakan serta memberdayakan komoditas-komoditas unggulan di berbagai kecamatan.

Terdapat dua masalah dalam penelitian ini, yang pertama adalah bagaimana cara mencari peta presepsi dengan menggunakan analisis korespondensi dan yang kedua adalah bagaimana cara mendapatkan informasi yang berguna dari peta presepsi tersebut. Metode yang dipakai untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat dalam menentukan komoditas unggulan di suatu kecamatan adalah metode peta presepsi, karena peta presepsi dapat memperlihatkan suatu diagram plot jarak antar kecamatan, antar komoditas dan hubungan antara kecamatan dengan komoditas.

Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah apa yang menjadi komoditas unggulan bagi kecamatan-kecamatan yang ada di Kabupaten Sumedang sehingga dengan berdasarkan informasi itu pemerintahan Kabupaten Sumedang dapat lebih baik dalam merumuskan kebijakan serta tindakan-tindakan pemberdayaan komoditaskomoditas unggulan di berbagai kecamatan.

Objective of this research is analysis for commodity secondary data using correspondence analysis to get the perceptual map where that use for get the useful information in finding the commodity for every Sumedang District, so we get a question how we can get the input for Sumedang Governance to get benefit from that main commodity.

This research has two problems, the first is how we can get the perceptual map using correspondence analysis and the second is how to get the useful information from perceptual map. Perceptual map can give the useful information for find the main commodity for every district, because perceptual map can give a visible plot diagram between district, between commodity and connection between district and commodity.

The result from this research is the information about main commodity for every district in Sumedang, so with that information the Sumedang Government can make the best decision and can do something great for get a properly main commodity for Every Sumedang District.

Download: pdf