Abstrak RSS

Pengujian Serbuk Daun Aglaia Odorata Lour., Melia Azedarach Linn., Dan Chromolaena Odorata Linn. Terhadap Penyakit Bengkak Akar (Meloidogyne Spp.) Pada Tanaman Tomat

Pengujian Serbuk Daun Aglaia Odorata Lour., Melia Azedarach Linn., Dan Chromolaena Odorata Linn. Terhadap Penyakit Bengkak Akar (Meloidogyne Spp.) Pada Tanaman Tomat
Toto Sunarto, Luciana Djaja, dan Hersanti
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Penyakit bengkak akar yang disebabkan oleh Meloidogyne spp. merupakan salah satu penyakit penting pada tanaman tomat. Upaya pengendalian Meloidogyne spp. dengan menggunakan nematisida sintetik berdampak negatif bagi manusia, tanaman budidaya, dan lingkungan. Salah satu alternatif pengendalian dengan menambahkan bahan organik ke dalam tanah dapat menekan kerusakan tanaman yang disebabkan oleh nematoda. Dalam penelitian ini digunakan serbuk daun A. odorata, M. azedarach, dan C. odorata sebagai sumber bahan organik.

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan dosis serbuk daun dari A. odorata, M. azedarach, dan C. odorata yang dapat menekan penyakit bengkak akar yang disebabkan oleh Meloidogyne spp. pada tanaman tomat.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan rancangan acak lengkap teridiri dari 14 perlakuan dan 3 ulangan. Penelitian dilaksanakan di rumah kaca dan Laboratorium Nematologi jurusan Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan, Fakultas Pertanian Universitsas Padjadjaran, Jatinangor pada bulan Juni sampai September 2002.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa serbuk daun A. odorata, M. azedarach, dan C. odorata dapat menekan penyakit nematoda bengkak akar yang disebabkan oleh Meloidogyne spp. pada tanaman tomat. Serbuk daun A. odorata, M. azedarach, dan C. odorata pada dosis 100 g/2 kg tanah mampu menekan jumlah gall pada akar tanaman tomat masing-masing 91,38 %, 90,85 %, 93,04 %, dan menekan kepadatan populasi Meloidogyne spp. dalam 100 ml tanah masing-masing 52,35 %, 56,83 %, dan 59,38 %.

Download: pdf