Abstrak RSS

Mendorong Pilihan Karir Berwirausaha Pada Mahasiswa Guna Mengentaskan Pengangguran Terdidik Di Indonesia

Mendorong Pilihan Karir Berwirausaha Pada Mahasiswa Guna Mengentaskan Pengangguran Terdidik Di Indonesia
Mery Citra. S
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , ,

Semakin meningkatnya jumlah pengangguran terdidik di Indonesia, salah satunya disebabkan oleh enggannya lulusan perguruan tinggi untuk berwirausaha. Menjadi wirausaha seringkali dipandang sebagai pilihan karir yang tidak terlalu disukai karena dihadapkan pada situasi keseharian yang tidak pasti, penuh rintangan, dan frustasi berkaitan dengan proses pendirian usaha baru. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa pendidikan dan pelatihan mempengaruhi persepsi orang terhadap karir kewirausahaan.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa pendidikan dan pelatihan mempengaruhi persepsi orang terhadap karir kewirausahaan. Oleh karena itu pendidikan kewirausahaan di perguruan tinggi harus dirancang sedemikian rupa agar dapat memberikan dampak dalam mendorong minat mahasiswa untuk berwirausaha. Pola pembelajaran kewirausahaan minimal mengandung lima unsur: pemikiran, perasaan, keterampilan, kesiapan mental, dan pengalaman langsung.

Studi empiris juga menunjukkan bahwa kebutuhan berprestasi (n Ach) adalah faktor kunci dalam keberhasilan berwirausaha. Untuk itu perguruan tinggi harus dapat menciptakan atmosfer yang mendorong berkembangnya kebutuhan berprestasi dalam diri mahasiswa.

Download: pdf