Abstrak RSS

Perpustakaan Sebagai Target Corporate Social Responsibility (Csr)

Perpustakaan Sebagai Target Corporate Social Responsibility (Csr)
Neneng Komariah, Dra., M.Lib
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Konsep Corporate Social Responsibility (CSR) mulai popular dikalangan industri di Indonesia terutama setelah disahkannya Undang-Undang No. 40/2007 tentang Perseroan Terbatas. Kalangan industri bisa menjadikan perpustakaan sebagai target pelaksanaan CSR nya dengan beberapa pertimbangan. Pertama, karena perpustakaan merupakan sarana pendidikan baik formal maupun non formal yang memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan intelektual bangsa, sehingga dengan membantu pengembangan perpustakaan maka suatu perusahaan telah membantu,upaya mencerdaskan bangsa. Kedua, karena perpustakaan merupakan public service area yang banyak dikunjungi masyarakat. Dengan memberikan bantuan pada perpustakaan, maka perusahaan dapat meminta perpustakaan untuk memasang identitas perusahaannya (logo) di lingkungan perpustakaan yang bersangkutan. Kehadiran logo perusahaan di suatu perpustakaan akan memiliki nilai promosi bagi perusahaan yang bersangkutan. Bagi perpustakaan sendiri, bantuan yang diberikan perusahaan dalam rangka CSR akan sangat bermanfaat untuk pengembangan perpustakaan, sehingga perpustakaan dapat lebih meningkatkan kiprahnya dalam memenuhi fungsinya sebagai sarana simpan karya manusia, sebagai pusat informasi, sebagai pusat rekreasi, sebagai pusat budaya dan sebagai sarana belajar masyarakat.

Corporate Social Responsibility (CSR) has been popular in Indonesia, since the government legislated act No. 40/2007 about Limited Company. The company may choose library as a target of CSR for several reasons. Firstly, because the library is an education facility which very crucial in supporting development of society in general. So, by giving donation to library means the company has a contribution in development of education for society in general. Secondly, the library is a public service area which visited by many people. When a company gives donation to a library, the company may ask the library to put its identity (logo) in the environment of the library. So, the presence of a company’s logo in library’s environment will attract people’s attention and it has promotion value for the company. For the library itself, donation from the company will be very valuable. It helps the library to improve its services to the users, so the library can fulfill its role much better, as knowledge repository , as information centre, as recreation centre, as education centre, and as cultural centre.

Download: pdf