Abstrak RSS

Pelatihan Public Speaking Bagi Anggota Pramuka Smpn 46 Desa Cipadung Kecamatan Cibiru Kota Bandung

Pelatihan Public Speaking Bagi Anggota Pramuka Smpn 46 Desa Cipadung Kecamatan Cibiru Kota Bandung
Susie Perbawasari, Dra., M.Si., Iriana Bakti, Drs., M.Si. dan Evi Novianti, S.Sos., M.Si.
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan oleh Tim dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran ini berjudul Pelatihan ”Public Speaking” bagi Anggota Pramuka SMPN 46 Desa Cipadung, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 1-2 November 2008.

Peserta dari kegiatan ini merupakan perwakilan dari kelas tujuh dan delapan yang menjadi anggota Pramuka. Dipilih anggota Pramuka karena mereka sering melaksanakan berbagai kegiatan yang menuntut mereka untuk berbicara di depan publik.

Dalam pengelolaan sekolah yang menerapkan metode Manajemen Berbasis Kompetensi, sekolah tidak semata-mata membekali siswanya dengan kemampuan kognitif saja tetapi juga membekali siswanya dengan kemampuan konatif dalam bentuk keterampilan praktis yang dapat dijadikan bekal siswa ketika melaksanakan suatu kegiatan ekstrakurikuler.

Manajemen Berbasis Kompetensi mensyaratkan pihak sekolah untuk menyediakan sarana dan prasarana yang dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk mengembangkan potensi diri yang dimilikinya. Kemampuan potensi diri menjadi tolok ukur dalam sekolah yang menerapkan metode Manajemen Berbasis Kompetensi ini.

Di lain pihak, bagi Universitas Padjadjaran sebagai lembaga pendidikan tinggi, pengabdian ini merupakan wujud kepedulian lembaga ini kepada masyarakat khususnya siswa-siswi SMPN 46 Cipadung dan umumnya kepada dunia pendidikan. Kontribusi yang diberikan paling tidak sebagai upaya memberikan pengetahuan, motivasi dan keterampilan praktis tentang Public Speaking untuk mengembangkan potensi diri serta memberikan keterampilan praktis sebagai bekal mereka ketika melakukan suatu kegiatan yang mengharuskan mereka untuk berbicara di muka publik.

Dari hasil kegiatan ini diperoleh tanggapan positif dari pihak sekolah umumnya dan khususnya dari pihak peserta/siswa dan mereka merasakan bahwa kegiatan ini menambah wawasan dan keterampilan tentang Public Speaking.

Secara informal, baik melalui apa yang disampaikan para peserta maupun yang disampaikan oleh pihak wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, mereka berharap bahwa kegiatan sejenis dapat dilakukan di waktu yang akan datang dengan sasaran yang berbeda, tidak hanya anggota Pramuka saja.

Download: pdf