Abstrak RSS

Analisis Aksesibilitas Tenaga Kerja Wanita pada Agribisnis Lebah Madu dalam Upaya Peningkatan Pemberdayaan Perempuan di Kabupaten Cianjur

Analisis Aksesibilitas Tenaga Kerja Wanita pada Agribisnis Lebah Madu dalam Upaya Peningkatan Pemberdayaan Perempuan di Kabupaten Cianjur
Dhany Esperanza, Yayan Sumekar, Anne Charina
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , , , ,

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menguraikan gambaran kemampuan aksesibilitas tenaga kerja wanita dalam agribisnis lebah madu di Kabupaten C ianjur serta mengetahui faktor-faktor yang menentukan aksesibilitas tenaga kerja wanita dalam agribisnis lebah madu di Kabupaten Cianjur Metode penelitian yang digunakan adalah survey. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan teknik wawancara langsung kepada responden. Data sekunder diperoleh dari berbagai instansi yang terkait dengan penelitian ini. Data dianalisis sesuai jenisnya, untuk data kualitatif dilakukan analisis deskriptif yang men garah ke eksplanatoris guna menggambarkan permasalahan yang pertama. Sedangkan untuk data kuantitatif dilakukan uji statistik Korelasi linear sederhana, Korelasi berganda dan Regresi Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa Aksesibilitas tenaga kerja wanita dalam agribisnis lebah madu dilihat dari kerja fisik, wanita umumnya mampu eksis di semua kegiatan, kecuali dalam kegiatan pengolahan hasil. Sedangkan dalam sisi pengambilan keputusan, peranana wanita tidak terlalu menonjol, hanya dalam kegiatan pemasaran, wanita dianggap sedikit berperan dalam memberikan keputusan mengen ai tempat serta cara pemasaran produk. Sedangkan faktor-faktor yang menentukan aksesibilitas tenaga kerja wanita dalam agribisnis lebah madu adalah: sifat kepribadian, pengetahuan dan keterampilan.

Target of this research is to know and elaborate the ability of woman labour in honeybee agribusiness at Sub-Province of Cianjur and also know factors determining woman labour accessibility in honeybee agribusiness in Sub-Province of Cianjur. Method research the used is survey. Data which used in this research is primar y data and secunder. Primary data obtained with direct interview technique to responden and th e secunder obtained from various institution which related to this research. Data analysed according to his type, for data qualitative used by descriptive analysis which is flange to eksplanatoris to depict first problems.

While for quantitative data used by statistical test of simple Linear correlation, Doubled correlation and Regresi The result got that woman labour accessibility in honeybee agribusiness seen from ph ysical activity, woman generally can eksis in all activities, except in activity of processing result. While in decision making side, woman do not too uppermost, only in activity of marketing, woman assumed a few to give decision concerning place and also the way of product marketing. While factors determining woman labour access in honeybee agribusiness are: nature of personality, skill and knowledge.

Download: doc