Abstrak RSS

Daya Tarik Pasar Dan Kinerja Pesaing Yang Berpengaruh Terhadap Kinerja Strategi Pemasaran Dan Keunggulan Bersaing Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pemasaran (Suatu Survei Pada SPBU Bahan Bakar Berbasis Biodiesel di Pulau Jawa)

Daya Tarik Pasar Dan Kinerja Pesaing Yang Berpengaruh Terhadap Kinerja Strategi Pemasaran Dan Keunggulan Bersaing Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pemasaran (Suatu Survei Pada SPBU Bahan Bakar Berbasis Biodiesel di Pulau Jawa)
Boyke Setiawan Soeratin S
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , , , , , , ,

Pada satu sisi produksi biodiesel yang dijadikan bahan bakar khususnya alat trasportasi sangat bermanfaat bagi kebersihan emisi lingkungan, serta berdampak positif pada kondisi mesin kendaraan yang menggunakannya, sehingga pemanfaatan biodiesel untuk bahan bakar kendaraan bermotor dapat ditingkatkan dan didistribusikan melalui SPBU, yang akhirnya kinerja pemasaran bahan bakar biodiesel itu sendiri meningkat. Namun pada kenyataannnya kinerja pemasaran biodiesel yang dilihat dari beberapa SPBU relatif menurun, bahkan terdapat beberapa SPBU yang tidak lagi mendistribusikan bahan bakar biodiesel itu sendiri pada pemakai akhir atau industri, hal ini cenderung keunggulan bersaing bahan bakar biodiesel masih relatuf di bawah bahan bakar minyak yang lainnya. Ketidak unggulan bahan bakar biodiesel disinyalir karena perusahaan penghasil biodiesel kurang mampu merumuskan strategi pemasaran yang tepat yang diakibatkan oleh ketidak mampuan dalam merespon perubahan kondisi lingkungan eksternal dan internal perusahaan yang terepleksikan dalam daya tarik pasar dan kinerja pesaing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh daya tarik pasar dan kinerja pesaing terhadap strategi pemasaran dan keunggulan bersaing, serta implikasinya terhadap kinerja pemasaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei deskriptif dan survei eksplanatori dengan unit analisis adalah SPBU yang ada di pulau Jawa dengan ukuran sampel 270 SPBU. Metode analisis yang digunakan adalah SEM. Berdasarkan hasil analisis, maka ditemukan bahwa daya tarik pasar kurang mendukung perusahaan penghasil biodiesel dalam melakukan aktivitas bisnisnya dan kinerja pesaing dapat diantisipasi oleh perusahaan penghasil bahan bakar biodiesel berbahan baku CPO. Perusahaan penghasil biodiesel mampu merumuskan strategi pemasaran dan mampu mencapai keunggulan bersaing bahan bakar biodesel berbahan baku CPO. Daya tarik pasar dan kinerja pesaing berpengaruh terhadap kinerja strategi pasar bahan bakar biodesel berbahan baku CPO baik secara simultan maupun parsial. Daya tarik pasar dan kinerja pesaing berpengaruh terhadap kinerja strategi bauran pemasaran bahan bakar biodesel berbahan baku CPO, baik secara simultan maupun parsial. Kinerja strategi pasar dan kinerja strategi bauran pemasaran berpengaruh terhadap keunggulan bersaing bahan bakar biodesel berbahan baku CPO, baik secara simultan maupun parsial. Kinerja strategi pasar, kinerja strategi bauran pemasaran, dan keunggulan bersaing berpengaruh terhadap kinerja pemasaran SPBU bahan bakar biodesel berbahan baku CPO, baik secara simultan maupun parsial.

This survey investigated the influence of performance of customer relationship and service delivery system on customer value and it’s impacts on customer trust and corporate reputation. The most aspect of life will be changed quickly and unpredictible. The modern people in the world need supporting facilities for mobility communication and information access. According to that situation and condition, celluer indstry is the important infrastucture for facilitation the dinamic people need. The high competition in celluler industry give negative impact to operators e.g churn customer. In case, all operators give the product and service through developing the customer relationship for along time with the excellent delivery service system, so that will be produced superior value customer and strong customer trust and than finally, the best corporate reputation. The respondens is consist of celluler customers in Bandung. The result is dianalyzed by frequently distribution analyzed for describing the performance of customer relationship and service delivery system, and than by structural equation modelling for measuring the influence of customer relationship and service delivery system to corporate reputation through customer value anda customer trust. Finally, the customer ralationship influence corporate reputation significanly, but service delivery system did’nt give a better result.

Untuk Keterangan Lebih Lanjut Silahkan Menghubungi : http://cisral.unpad.ac.id