Abstrak RSS

Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Para Pengelola

Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Para Pengelola
Agus Rusmana, Ninis Agustini D. Yunus Winoto
Fikom Unpad
Indonesia
Unpad
, , ,

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan penyiangan (weeding) bahan pustaka yang dilakukan perpustakaan nasional Jawa Barat serta faktor-faktor apa yang mempengaruhi pelaksanaan penyiangan tersebut. Adapun aspek-aspek diteliti meliputi pengetahuan pustakawan tentang penyiangan, pelaksanaan penyiangan bahan pustaka, prosedur atau mekanisme penyiangan, jenis bahan pustaka yang disiangi, tindak lanjut bahan pustaka yang telah disiangi, serta hambatan yang dihadapi pustakawan dalam melakukan kegiatan penyiangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui teknik wawancara pengamatan lapangan, serta studi kepustakaan. Responden dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui teknik wawancara, pengamatan lapangan, serta studi kepustakaan. Responden dalam penelitian ini adalah para kepala bidang pelayanan perpustakaan dan preservasi bahan pustaka, kepala bidang deposit dan pengembangan koleksi bahan pustaka, serta para pustakawan yang ada di bagian layanan dan bagian deposit. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa pelaksanaan penyiangan (weeding) bahan pustaka di perpustakaan nasional Jawa Barat telah dilaksanakan kendatipun waktu pelaksanaannya tidak tentu. Adapun mengenai factor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan penyiangan tersebut adalah adanya kerusakan fisik bahan pustaka, terdapatnya koleksi yang dilarang pemerintah, serta terdapatnya koleksi yang eksemplarnya terlalu banyak. Kemudian dari hasil penelitian ini juga dapat diketahui beberapa hasil sebagai berikut:
1. Pengetahuan pustakawan perpustakaan nasional Jawa Barat terhadap masalah penyiangan masih kurang dan penyiangan bahan pustaka lebih diartikan sebagai pengambilan buku yang rusak dari rak.
2. Pelaksanaan penyiangan bahan pustaka telah dilakukan, namun waktu pelaksanaannya tidak tentu serta tidak ada pedoman dan kebijakan tertulis tentang kegiatan tersebut.
3. Mengenai mengenaisme penyiangan bahan pustaka dimulai dengan membentuk panitia, selanjutnya dilakukan survei untuk menginvetarisir bahan pustaka yang akan diweeding.
4. Jenis koleksi yang disiangi meliputi bahan pustaka berupa buku dari berbagai disiplin ilmu, majalah serta koleksi referensi.
5. Bahan pustaka yang telah diweeding selanjutnya disimpan di bagian deposit untuk selanjutnya diperbaiki, disumbangkan atau dimusnahkan, khususnya bagi koleksi yang sangat rusak dan tidak dapat diperbaiki lagi.
6. Hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan penyiangan bahan pustaka di perpustakaan nasional Jawa Barat ini adalah meliputi dari fakor pustakawan maupun dari factor dana, dan tidak adanya kriteria yang jelas dalam penyiangan bahan pustaka.

The aim of this research is to find the weeding activities of library materials and factors influencing them at Jawa Barat National Library. The student aspects are librarian knowledge on weeding. The weeding it self, weeding procedures or its mechanism. The material weeded, next treatments on the weeded material, and the obstacles faced by librarian in weeding activities. The qualitative method used in this research, and the data is gathered by interviews, observation, and literature study. The respondents are the library service and preservation staff, head of collection depository and development, and some librarians at service and depository department. It is found that the weeding activities, thugh not properly scheduled, has been done. And the reasons for weeding are if the collection physically damaged, banned by the government, and over volumes. And the research has bound some results as fllow:
1. The lack of weeding knowledge causes the librarians think that weeding is only taking to damaged material off the shelves.
2. There is no certain schedules on weeding since there are no written policies.
3. The mechanism of weeding starts by creating a committee and then a survey to make inventory of collection to weed.
4. The kind of weeded collection are books of varied discipline, magazines and reference collection.
5. Weeded materials are then repaired, donated, or destroyed, especially the unmended damaged.
6. The obstacles faced are librarians and fund factors, and unavailability of clear criteria on weeding.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi : http://www.lppm.unpad.ac.id

Download: Agus Fikom abstrak