Abstrak RSS

Perilaku Pencarian Informasi

Perilaku Pencarian Informasi
Rohanda
Fikom Unpad
Indonesia
Unpad
, , ,

Inti permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah Perilaku Pencarian Informasi oleh Mahasiswa melalui Pemanfaatan Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi, dengan penekanan pemasalahannya pada aspek aktivitas yang mereka lakukan pada waktu pencarian informasi, optimalisasi pemanfaatan jasa layanan yang diberikan oleh perpustakaan, dan bentuk layanan yang paling dominan mereka manfaatkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan menggunakan teknik pengumpulan data; kuesioner, wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil yang diperoleh memperlihatkan bahwa perilaku pencarian informasi yang mereka lakukan didasari atas kebutuhan untuk menyelesaikan tugas-tugas dari dosen dan membuat karya ilmiah (skripsi, tesis dan desertasi). Aktivitas dalam pencarian informasi masih memilih sendiri di rak (browsing) tanpa terlebih dahulu menggunakan katalog baik manual maupun elektronik. Dominasi pemanfaatan jasa perpustakaan masih sekitar aspek peminjaman pustaka. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perilaku pencarian informasi melalui layanan perpustakaan hanya sebatas tugas dari dosen atau penyusunan skripsi/tesis/desertasi dan lain-lain. Pemanfaatan jasa belum optimal masih sebatas pada meminjam dan mengembalikan. Hal ini terbukti dengan pemanfaatan waktu mereka di perpustakaan hanya berkisar 4 jam per minggu. Oleh karena itu, untuk optimalisasi pemanfaatan jasa tersebut, perlu adanya koordinasi antara rektorat, lembaga perpustakaan dan dekan untuk membuat program Users’ Educations (Pendidikan Pemakai).

The main problem of this study is the student is behavior in seeking information through university library services. The methods used are the survey methods and the data were collected by means of questionaires, interviews, observations and literature studies The result of this study shows that student behavior in seeking information is only because of assigment from the lecturer and because of the need to write theses etc. They use the library only 4 hours per week and the activities on seeking information is by finding the books from the stack, instead of using catalogue and other facilities. The conclusion — the students’ behavior in the library —– is to find the books or other collections to do the tasks or to write working papers for the lecturer. Their motivation of using library as the centre of learning, or a centre of students’ activities is very low. It is recommended that the coordination between rectors, deans and other institutions in the university to facilitate program i.e. users education.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi : http://www.lppm.unpad.ac.id