Abstrak RSS

Pengelolaan Sampah Dengan Prinsip 3r Di Kota Solok (Studi Tentang Perilaku Dan Analisa Biaya Dan Manfaat Pengomposan Skala Kawasan Pemukiman Di Kelurahan Ix Korong)

Pengelolaan Sampah Dengan Prinsip 3r Di Kota Solok (Studi Tentang Perilaku Dan Analisa Biaya Dan Manfaat Pengomposan Skala Kawasan Pemukiman Di Kelurahan Ix Korong)
Elsa Yolarita
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , , ,

Penelitian ini didasarkan pada pelaksanaan program pengelolaan sampah dengan prinsip 3R di Kelurahan IX Korong Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang perilaku masyarakat tentang pengelolaan sampah dengan prinsip 3R dan faktor yang mempengaruhinya serta untuk mengetahui analisa biaya dan manfaat pengomposan sampah organik skala kawasan pemukiman.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa perilaku masyarakat tentang pengelolaan sampah dengan prinsip 3R di Kelurahan IX Korong Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok dipengaruhi oleh pengetahuan, sikap, komunikasi dan peran tokoh masyarakat. Analisa biaya dan manfaat kegiatan pengomposan skala kawasan pemukiman berdasarkan kriteria NPV, ratio B/C, dan PBP menunjukkan bahwa kegiatan pengomposan skala kawasan pemukiman belum berada pada kondisi layak.

This study is based on the implementation of waste management program with the 3R principle in the Village IX Korong Lubuk Sikarah Solok District. The purpose of this study is to obtain a picture of the community about waste management with the 3R principle and the factors that influence it and to know the analysis of costs and benefits of composting organic waste in a residential areas scale.

The research method is quantitative methods. The result shows that the behavior of the community about waste management with the 3R principle in District IX District Korong Lubuk Sikarah Solok is influenced by the knowledge, attitudes, communication and the role of community leaders. Analysis of costs and benefits of composting activity scale residential areas based on the NPV criterion, the ratio of B/C, and PBP shows that composting activity scale residential areas not in proper condition.

Untuk Keterangan Lebih Lanjut Silahkan Menghubungi : http://cisral.unpad.ac.id