Abstrak RSS

Pengaruh Informasi Lngkungan

Pengaruh Informasi Lngkungan
Satria Bangsawan
Univ. Lampung
Indonesia
Unpad
, , ,

Usaha kecil sebagai salah satu penggerak dan motor perekonomian Indonesia dalam pengelolaannya menghadapi berbagai kendala pemasaran akibat terbatasnya akses informasi, pasar dan teknologi. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh tingkat pertimbangan manajemen dalam merespon informasi pemasaran lingkungan makro meliputi: ekonomi, teknologi, sosial budaya, kebijakan pemerintah, peraturan bisnis dan kependudukan/demografi terhadap strategi pemasaran usaha kecil sektor industri pengolahan. Menganalisis pengaruh tingkat pertimbangan manajemen dalam merespon informasi pemasaran lingkungan mikro meliputi: pemasok, pesaing, publik, perantara dan pelanggan terhadap strategi pemasaran usaha kecil sektor industri pengolahan. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode survei dengan menggunakan pendekatan ilmu manajemen pemasaran. Pengamatan dilakukan terhadap usaha kecil sektor industri pengolahan di Bandarlampung dengan ukuran sampel 116 responden sebagai pemilik / pengelola usaha. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara menggunakan daftar pertanyaan kepada responden terpilih, dengan metode “ Stratified Random Sampling “ . Analisis data menggunakan uji Path Analysis ( analisis jalur) . Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran usaha kecil sector industri pengolahan dipengaruhi oleh informasi lingkungan makro berupa sosial budaya, peraturan bisnis dan kependudukan. Jika dibandingkan dengan pengaruh sosial budaya dan kependudukan, peraturan bisnis merupakan variabel yang lebih besar pengaruhnya terhadap penentuan strategi pemasaran usaha kecil. Faktor tersebut dianggap oleh pengusaha kecil telah menunjang pertumbuhan bisnis sehingga menjadi sumber peluang pemasaran. Untuk mengatasi berbagai kendala bagi usaha kecil, maka upaya pembinaan dari berbagai instansi pemerintah perlu ditingkatkan melalui bimbingan kearah pemberian informasi pasar yang mudah.

A small business is one of the Indonesian economic motor that has a lot of marketing problems, due to limited information market and technological access. The objective of this research is to analyze the influence of management consideration intensities to responding macro environment marketing information (economic, technology, business regulation, social culture, politics and demography) on marketing strategy of processing industrial sector of small business. A survey method approach has been used focusing on marketing management. An Observation has been done to the processing industrial sector in Bandarlampung with 116 respondents, owners and management. Data collection through interviews with questionnaires respondents uses Stratified The Random Sampling method the selecting. Path analysis has been used to analyze the data. Results of the research show that management of small business marketing strategy is affected by macro environment information constituted of social-culture, business regulation and demography. Comparing with the effect of social culture and demography, business regulation constitute larger variable in its effect to small business marketing strategy decision. This factor has been emphasized by small business and has been directed for supporting the business growth. So that, it become marketing opportunity sources. To solve the variety of this advantage for the small business then the developing effort from various government institutions should be increased through supplying easy market information.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi : http://www.lppm.unpad.ac.id