Abstrak RSS

Dimensi Manusia Dalam Organisasi

Dimensi Manusia Dalam Organisasi
Sam’un Jaja Raharja
Fisip Unpad
Indonesia
Unpad
, , , , , , , , ,

Kegagalan berbagai pendekatan lama dalam kualitas yang bertumpu pada basis perspektif bentuk (content perspective) karena mengabaikan faktor manusia dalam organisasi, telah menggeser pandangan ke perspektif proses yang lebih kontekstual (context perspective) yang memandang kualitas tidak lagi bertumpu pada produk atau jasa ansich, tetapi juga meliputi juga attitudes dan values dimensi manusia yang sebagai suatu proses yang terintegrasi dan menjadi tanggung jawab seluruh komponen dalam perusahaan. Kata lain, kualitas merupakan komitmen semua pihak dalam organisasi. Guna menumbuhkan komitmen dalam organisasi, salah satunya adalah dengan menerapkan the quality of management dengan komponen-komponen utamanya: pelibatan, pembelajaran, pemberdayaan dan sistem reward. Seluruh unsur dalam the quality of management saling terhubung satu sama lain secara simetris. Penerapan the quality of management dipengaruhi oleh terpenuhinya kondisi awal (pra-kondisi) dan asumsi-asumsi seperti perubahan cara pandang tentang pekerja dalam organisasi sebagai mitra, komunikasi dan dialog dalam organisasi yang akan menumbuhkan pelibatan, semangat untuk selalu berfikir secara dinamis meningkatkan kinerja organisasi yang akan mendorongnya melakukan pembelajaran, pimpinan organisasi mau dan berani memberikan delegasi kewenangan dan tanggung jawab kepada bawahan dalam mengambil keputusan (diskresi) sebagai bentuk pemberdayaan dan sejalan dengan ada imbalan (reward) dan penghargaan yang sesuai dengan kewenangan dan tanggungjawab para pekerja. Kesimpulkan yang dapat ditarik bahwa kualitas yang dihasilkan oleh organisasi ternyata ditentukan oleh unsur manusia.

The failure of such old approaches in quality, based on content perspective because of ignored human factors in organization, has switched to context perspective, where the quality does not only base on product only, but also includes the attitude values human dimension as a integrated process and responsible for all components in organization. In other words, the quality is a commitment to all stakeholders in organization. To generate commitment, one of them is the quality of management with main components: involvement, learning, empowerment and reward system. All of component of the quality of management interrelationship should be improved i.e. implementation of the quality of management influenced by pre-condition and assumptions such as change of human in organization as partner, two way communication, dialogue, spirit for learning, discretionary, reward and award. As a conclusion, quality in organization is determined by human factors.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi : http://www.lppm.unpad.ac.id