Abstrak RSS

Birokrasi Dan Pelayanan Publik

Birokrasi Dan Pelayanan Publik
Asep Sumaryana
Fisip Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Bureaucracy is a government tool for public service. Bureaucracy gives easier and more satisfying public service. For public service, bureaucracy must be professional and reasonable. Not all stakeholders are satisfied by bureaucracy because they have many different interests. Therefore, bureaucracy must improve its ability and remain independent. Without this capacity bureaucracy will fall into public blasphemy.

Birokrasi merupakan alat pemerintah yang dapat mempermudah pelayanan kepada masyarakat. Dengan birokrasi pelayanan dapat dilakukan lebih mudah sekaligus memuaskan masyarakat. Untuk itu birokrasi harus mampu melayani seluruh stakeholder secara proporsional dan profesional. Tidak semua stakeholder mudah dilayani mengingat banyak kepentingan didalamnya sehingga upaya tersebut akan menjadi sulit tatkala birokrasi sudah berpihak kepada kepentingan salah satu stakeholder. Untuk itu birokrasi harus terus memacu kemampuan diri dan tetap bersikap independen. Mengabaikan kemampuan seperti itu akan mendorong birokrasi jatuh kedalam kubangan hujatan masyarakat.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi : http://www.lppm.unpad.ac.id