Abstrak RSS

Studi Perbandingan Sistem Kredit

Studi Perbandingan Sistem Kredit
Maman Paturochman
Fapet Unpad
Indonesia
Unpad
, , , , , , ,

Penelitian mengenai Studi Perbandingan Sistem Kredit Ternak Domba Dan Kerbau Dari Pemerintah telah dilaksanakan di Kabupaten Sumedang dan Tasikmalaya. Obyek yang diteliti terdiri dari 150 orang peternak domba dan 8 orang peternak kerbau yang menerima ternak gaduhan dari pemerintah propinsi Jawa Barat yang bersumber dari dana APBN dan APBD. Metode penelitian yang digunakan untuk menghimpun data empirik di lapangan adalah studi kasus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dan merumuskan alternatif sistim kredit gaduhan yang diinginkan peternak dilihat dari jumlah ternak dan waktu pengembalian. Kesimpulan yang dapat dirumuskan dari hasil analisis dan pembahasan adalah:1.Ternak kerbau milik pemerintah yang disebarkan melalui program bantuan yang bersumber dari dana APBN dan APBD, menunjukkan perkembangan populasi yang jelek, sedangkan ternak domba cukup baik.
2. Alternatif kredit gaduhan ternak domba dan kerbau yang sesuai dengan keinginan peternak adalah sebagai berikut: (a). Secara natura, paket kredit domba diberikan sebanyak 11 ekor dengan kontrak waktu selama 5 tahun dan ternak kerbau 3 ekor selama 6 tahun. (b). Berdasarkan perhitungan biaya yang diinvestasikan, keuntungan yang diperoleh dibagi ke dalam empat bagian, yaitu peternak 60 %; pemerintah 30 %; dana kematian 5 % dan dana operasional 5 %.

The comparative study of the sheep and buffalo credit system has been conducted in the Sumedang and the Tasikmlaya Regency. The primary data has been collected from 150 sheep and 8 buffalo farmers. The method used in this study is case study. This study aimed to evaluate and formulate credit system that farmer wanted with timely and animal unit grounded. The conclutions of thir study are: 1. The reproduction and buffalo population development with excisting system is in bed condition, but sheep is in good enough. 2. The credit alternative that sheep and buffalo farmer wanted are: (a). In natural credit, the amount of animal has to distributed to farmers are 11 heads with 5 years gestation period for sheep and 3 heads of buffalos with 6 years gestation period. (b). In cost calculation that invested, the profit that occurs has to distributed to 4 share, that are: 60 % for farmer; 30 % for government; 5 % for mortality cost and 5 % for operational cost.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi : http://www.lppm.unpad.ac.id