Abstrak RSS

Model Corak Berpikir Analitis

Model Corak Berpikir Analitis
Ratna Jatnika, Hari Setyowibowo, Fitri Ariyanti Abidin, Yanti Rubiyanti
Fak. Psikologi Unpad
Indonesia
Unpad
, , , , , , ,

Penelitian ini merupakan studi kausal secara cross sectional yang dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi corak berpikir analitis mahasiswa. Corak berpikir analitis adalah strategi kognitif yang aktif dan sistematik untuk memeriksa, menilai dan memahami peristiwa/kejadian, memecahkan masalah, dan membuat keputusan berdasarkan alasan dan bukti yang valid. Secara konseptual, corak berpikir analitis dipengaruhi oleh kesesuaian gaya belajar mahasiswa dengan gaya mengajar dosen, dan dimoderasi oleh metode mengajar dosen. Penelitian dilakukan terhadap 947 mahasiswa di Universitas Padjadjaran dan Institut Teknologi Bandung, yang terdiri dari 367 laki-laki dan 580 perempuan, dengan rentang usia antara 17 sampai 25 tahun. Data yang diperoleh dari hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis jalur. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa corak berpikir analitis dipengaruhi oleh kesesuaian gaya belajar mahasiswa dan gaya mengajar dosen ( inference-doing=0.077,  deduction-doing= 0.080,  deduction-thinking= -0.098), dan dimoderasi oleh metode mengajar dosen ( inference-doing*method=-0.307,  inference-feeling*method=0.184,  recognition of assumption-doing*method=-0.171,  interpretation-watching*method= -0.068). Berdasarkan hasil penelitian ini, dosen tidak harus selalu menyesuaikan gaya mengajarnya dengan gaya belajar mahasiswanya. Dosen juga seyogyanya perlu menerapkan metode mengajar baik yang berpusat pada mahasiswa (student-centered) maupun yang berpusat pada dosen (teacher-centered) secara hati-hati agar dapat membentuk corak berpikir analitis mahasiswa yang optimal.

This research was a cross sectional causal study which was done in order to find out the influencing factors of students’ analytical thinking pattern. Analytical thinking pattern is systematic and active cognitive strategy to examine, evaluate and understanding event, solve problem and make decision based on valid reasoning and evidence (Levy, 1997 in Ian Randolp Sharp, 2003). Conceptually, analytical thinking pattern is influenced by the appropriateness between students’ learning style and lecturers’ teaching style; and moderated by lecturers’ teaching method. This research was done to 947 students at Padjadjaran University and Institute Technology Bandung, consist of 367 male and 580 female, with 17 years to 25 years range. The collected data was analyzed using path analysis. The path analysis result showed that the analytical thinking pattern is influenced by the appropriateness between students’ learning style and lecturers’ teaching style ( inference-doing=0.077,  deduction-doing= 0.080,  deduction-thinking= -0.098), and is moderated by lecturers’ teaching method ( inference-doing*method=-0.307,  inference-feeling*method=0.184,  recognition of assumption-doing*method=-0.171,  interpretation-watching*method= -0.068). Based on this research, lecturers do not always have to adapt their teaching styles with the students’ learning styles. Lecturers should carefully use both teaching methods; student-centered and teacher-centered teaching methods, in order to optimally form students’ analytical thinking pattern.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi : http://www.lppm.unpad.ac.id