Abstrak RSS

Peran Citra Satelit

Peran Citra Satelit
Abraham Suriadikusumah
Faperta Unpad
Indonesia
Unpad
, , , , ,

Penelitian tentang penggunaan dan pemanfaatan citra satelit Landsat-TM telah dilakukan untuk daerah Kecamatan Ciranjang, Cianjur dengan luas area sekitar 3751 ha. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengidentifikasi beberapa karaketristik lahan dan penye-baran spasialnya untuk digunakan sebagai masukan di dalam peniliaian kesesuaian lahan bagi tanaman padi sawah.
Analisis citra dilakukan dengan menggunakan komposit warna pada band 5 4 2, dan untuk evaluasi lahan mengikuti prosedur dan metodologi dari Pusat Penelitian Tanah dan Agroklimat PPTA (1993). Beberapa karakteristik lahan yang dapat diidentifikasi dengan baik adalah : tipe penggunaan lahan, vegetasi, dan tekstur tanah. Sedangkan aspek lereng dan kondisi kelembaban permukaan,
kurang teramati dengan baik. Didukung dengan survei lapangan dan analisis laboratorium, diperoleh 3 kelas kesesuaian lahan untuk tanaman padi sawah sebagai berikut : sangat sesuai (S1) untuk satuan peta tanah SPT 1, 9, dan 12;cukup sesuai (S2) untuk SPT 8; dan sesuai marginal (S3) pada SPT 16.

Download: abstrak abraham