Abstrak
Implementasi Teknologi Informasi Pada Perpustakaan Dan Pengaruhnya Terhadap Dunia Pendidikan
Prof. Dr. Hj. Nurpilihan Bafdal, Wildan Najib, S.Si
Unpad
Indonesia
Unpad
Dunia Pendidikan, Perpustakaan, Teknologi Informasi
Teknologi informasi telah menjadi fasilitas pendukung yang sangat penting bagi berbagai sektor kehidupan dan memberikan andil besar bagi perubahan-perubahan yang mendasar pada struktur operasi dan manajemen organisasi, pendidikan, trasportasi, kesehatan dan penelitian. Globalisasi telah memicu kecenderungan pergeseran dalam dunia pendidikan dari pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka (Mukhopadhyay M., 1995). Hal ini mengingatkan pada ramalan Ivan Illich awal tahun 70-an tentang “Pendidikan tanpa sekolah (Deschooling Society)” yang secara ekstrimnya guru tidak lagi diperlukan berperan secara langsung. Perpustakaan merupakan salah satu sumber informasi yang mahal harganya. Adanya perkembangan teknologi informasi khususnya internet memungkinkan seseorang di Indonesia untuk mengakses perpustakaan di Amerika Serikat. Mekanisme akses perpustakaan dapat dilakukan dengan menggunakan program khusus, aplikasi telnet atau melalui web browser. Sehingga dengan internet dapat membantu peserta didik dalam penelitian, tugas akhir, tukar menukar informasi atau tanya jawab dengan pakar berbagai disiplin ilmu. Dengan adanya implementasi teknologi informasi pada perpustakaan juga memberikan pengaruh yang signifikan pada dunia pendidikan dengan lahirnya perpustakaan digital (digital library). Media informasi yang tersedia di perpustakaan dalam mendukung kegiatan pembelajaran semakin mudah di akses serta memiliki kualitas dan kuantitas yang sangat memadai dengan adanya koleksi pustaka digital seperti koleksi buku digital (e-book), koleksi jurnal elektronik (e-journal), publikasi hasil penelitian, publikasi skripsi, tesis dan disertasi.
Information technology has become important support facilities for the various sectors of life and contributed to the fundamental changes in operating structure, organizational management, education, transportation, health and research. Globalization has sparked a shift in education, from a conventional face to face education toward open education (M. Mukhopadhyay, 1995). This is reminiscent of Ivan Illich forecast early 70’s about “Deschooling Society” who are no longer needed teachers contribute directly. The library is one source of information. The development of information technology especially the internet, allows a person in Indonesia to access the library in the United States. Library access mechanisms can be done using a special program, the web browser or telnet. So the internet can help learners in the study, the final task, exchange of information or asked questions to the experts in many disciplines. The implementation of information technology at the library had a significant influence on education with the presence of the digital library. The digital library has a collection of e-book, e-journal, research publication, theses and dissertations. The information media in supporting learning activities more easily accessible also has adequate quality and quantity.