Abstrak RSS

Rancangan Pelatihan “Literacy Development” Studi Tentang Rancangan Pelatihan Literacy Development Dalam Meningkatkan Pengetahuan Guru Tk Mengenai Perkembangan Membaca Anak Usia 4-6 Tahun Dan Cara Mengoptimasikannya

Rancangan Pelatihan “Literacy Development” Studi Tentang Rancangan Pelatihan Literacy Development Dalam Meningkatkan Pengetahuan Guru Tk Mengenai Perkembangan Membaca Anak Usia 4-6 Tahun Dan Cara Mengoptimasikannya
Eva Fauzah
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , ,

Kemampuan membaca mempunyai peranan yang penting dalam kehidupan manusia. Membaca merupakan bekal bagi keberhasilan individu di sekolah dan dalam kehidupan selanjutnya kelak di masyarakat. Kemampuan membaca tidak muncul begitu saja pada diri seseorang, tetapi harus mengikuti suatu proses yang panjang dan melewati beberapa tahapan yang sifatnya kontinum, tahapan ini dinamakan literacy development atau perkembangan membaca (Teale & Sulzby, 1986). Literacy development terjadi mulai dari anak usia TK (usia 4-6 tahun) sampai usia sekolah dasar dan sekolah lanjutan. Penelitian ini menitikberatkan pada perkembangan membaca anak usia 4-6 tahun, dimana pada usia ini anak dilatih untuk memiliki kemampuan serta keterampilan yang dibutuhkan untuk belajar membaca sehingga anak memiliki kesiapan untuk memasuki tahap pengenalan huruf, fonem dan kata. Mengingat pentingnya kemampuan membaca, tujuan dari penelitian ini adalah membuat suatu rancangan pelatihan “Literacy Development” yang akan diberikan kepada guru TK dalam meningkatkan pengetahuan guru TK mengenai perkembangan membaca anak usia 4-6 tahun dan cara mengoptimasikannya. Rancangan pelatihan ini kemudian diujicobakan dan dilakukan evaluasi terhadap proses belajar peserta yaitu dengan menggunakan kuesioner pengetahuan perkembangan membaca. Kuesioner ini diberikan kepada peserta sebelum dan setelah pelatihan, lalu hasilnya dibandingkan. Evaluasi juga dilakukan terhadap reaksi peserta atas materi, cara penyampaian materi, alokasi waktu, alur pelatihan, tempat pelatihan dan setting ruangan pelatihan. Uji coba pelatihan ini dilakukan pada 10 orang guru TK yang sedang menjalani pendidikan S1 di PGTK ”X”, berada di semster 2 dan 4, rentang usia antara 20-30 tahun dan memiliki pengalaman mengajar 2-5 tahun. Hasil dari perhitungan kuantitatif menyebutkan bahwa rancangan pelatihan literacy development berperan dalam meningkatkan pengetahuan peserta mengenai perkembangan membaca anak usia 4-6 tahun dan cara mengoptimasikannya.

Reading has important role in human life. It is a provision for individual achievement in school as well as in the onward social living. Reading does not emerge offhandedly, however it should pursue a long process and surpass several continuous phases known as literacy development (Teale & Sulzby, 1986). Literacy development begins with children aged 4-6 years in kindergarten phase to elementary and secondary school years. Nevertheless, this research is devoted to literacy development of children aged 4-6 years when they are trained to have capability and competency required in reading therefore they are ready to recognize letter, phoneme and word. As the importance of reading competence, this research aims to create a training plan concerning literacy development that will be provided to kindergarten teachers in order to improve their understanding in reading competence of children aged 4-6 years. This training plan subsequently tested and evaluated using questionnaire related to participants’ comprehension from the learning process on literacy development. Questionnaires were disseminated before and after training, followed by the comparison. Evaluation was also conducted on participants’ reactions of the subject, method of training as well as the subject conveying, allocation of time, the flow of training, also place and setting where training organized. Literacy development training was accomplished by 10 kindergarten teachers aged range between 20-30 years old who have been attending institution for kindergarten teacher (PGTK) “X” within 2nd and 4th semester and have 2-5 years teaching experience. Quantitative calculation indicates that literacy development training plan enhances participants’ understanding on the literacy development of children aged 4-6 years.

Untuk keterangan lebih lanjut silahkan menghubungi http://cisral.unpad.ac.id