Abstrak
Rancangan Intervensi Berkendara Aman Bagi Para Pengendara Sepeda Motor
Fikha Radhiita
Unpad
Indonesia
Unpad
Berkendara Aman, Pengendara Sepeda Motor, Rancangan Intervensi
Fikha Radhiita. Melakukan perancangan intervensi bagi para pengendara sepeda motor dengan judul “Rancangan Intervensi Berkendara Aman Bagi Para Pengendara Sepeda Motor”. Rancangan modul pelatihan ini sebelumnya didahului dengan pengukuran terhadap dimensi-dimensi didalam diri individu. Hasil dari pengukuran inilah yang digunakan sebagai dasar pembuatan rancangan intervensi bagi pengendara sepeda motor. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perilaku berkendara aman melalui dimensi-dimensi didalam diri pengendara yang mempengaruhi munculnya berkendara aman, yaitu antecedent determinant (pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki oleh para pengendara sepeda motor terhadap lingkungan lalu lintas), consequent determinant (penghayatan para pengendara sepeda motor terhadap konsekuensi-konsekuensi dalam berkendara) dan cognitive control (evaluasi yang dilakukan oleh pengendara sepeda motor terhadap pemikiran, konsep dan nilai yang dimiliki oleh para pengendara sepeda motor).Perancangan intervensi berkendara aman ini merupakan penelitian dengan menggunakan studi deskriptif. Secara metodologis, tujuan dari penelitian ini adalah membuat deskripsi atau gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta, yang digunakan sebagai dasar pembuatan rancangan intervensi pembelajaran yang akan digunakan sebagai salah satu bentuk intervensi.Subjek dalam penelitian ini adalah enampuluh satu orang pengendara sepeda motor di Bandung dan Jakarta. Mereka diambil berdasarkan accidential sampling dan snowball sampling. Pengukuran yang digunakan berupa kuesioner terbuka yang disusun oleh peneliti dan digunakan untuk mengambil data pada enampuluh satu pengendara sepeda motor. Data pengukuran digolongkan dan diklasifikasikan melalui penghitungan kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan data tersebut didapatkan rumusan kebutuhan, yaitu bahwa dibutuhkan materi pembelajaran tentang (1) Meningkatkan pengetahuan pengendara sepeda motor tentang berkendara aman. (2) Meningkatkan kemandirian para pengendara sepeda motor dalam mengambil keputusan ketika berkendara dalam berbagai situasi lalu lintas. (3) Meningkatkan pemahaman pengendara sepeda motor terhadap resiko dan konsekuensi berkendara tidak aman yang dilakukan tidak hanya merugikan orang lain tetapi juga merugikan diri sendiri.Dari hasil ini maka disusunlah rancangan intervensi yang diperuntukkan bagi para pengendara sepeda motor agar dapat berkendara aman dan menciptakan kondisi lalu lintas yang aman, nyaman dan dapat mengurangi resiko terjadinya kecelakaan lalu lintas terutama pada para pengendara sepeda motor.
Fikha Radhiita. Do the designing interventions for bikers with the title “Design Intervention Safety Riding For The Motorcycle Riders”. The design of training modules are preceded by measurement of the dimensions in the individual self. The results of these measurements are used as the basis for the drafting of intervention for motorcyclists.Variables used in this study is safety riding behavior through dimensions in influencing the emergence of self-riding motorists safe, the antecedent determinant (knowledge and experience possessed by riders on the environment of traffic), consequent determinant (appreciation of riders to the consequences of riding) and cognitive control (evaluation conducted by a motorcyclist on the thinking, concepts and values held by riders).Designing interventions to ride safely using a descriptive study. Methodologically, the aim of this study is to make the description or the picture of a systematic, factual and accurate information based on facts, which are used as a basis for designing the learning targets that will be used as a form of intervention.Subjects in this study was sixty-one men on a motorcycle in Bandung and Jakarta. They were taken by accidential sampling and snowball sampling. Measurement used in the form of an open questionnaire prepared by researchers and used to retrieve data on sixty-one motorcyclists.Measurement data is classifed and through the calculation of quantitative and qualitative. Based on the data obtained the formulation of requirements, namely that it takes a matter of learning about (1) Increasing knowledge about riding a motorcycle safety. (2) Increase the independence of riders in making decisions when riding in various traffic situations. (3) Enhance the understanding of motorcyclists on the risks and consequences of unsafe riding is done not only harm others but also self-defeating.From these results it drafted the design of interventions that are designed for motorcyclists to drive safely and create traffic conditions that are safe, convenient and can reduce the risk of traffic accidents, especially on the riders.
Untuk keterangan lebih lanjut silahkan menghubungi http://cisral.unpad.ac.id