Abstrak RSS

Rancangan Pelatihan Mengucap Berdasarkan Standar Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Untuk Meningkatkan Kemampuan Artikulasi Sebagai Salah Satu Aspek Dasar Dalam Mempersiapkan Anak Belajar Membaca (Pre-Reading)

Rancangan Pelatihan Mengucap Berdasarkan Standar Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Untuk Meningkatkan Kemampuan Artikulasi Sebagai Salah Satu Aspek Dasar Dalam Mempersiapkan Anak Belajar Membaca (Pre-Reading)
Wita Juwita Permatasari
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , , ,

Penelitian berjudul Rancangan Pelatihan Mengucap berdasarkan standar huruf pada anak usia 5 ¡V 6 tahun untuk meningkatkan kemampuan artikulasi sebagai Salah Satu Aspek Dasar dalam Mempersiapkan Anak Belajar Membaca (pre-reading) ini dilakukan dengan tujuan untuk : (1) memperoleh suatu rancangan pelatihan mengucap menggunakan standar huruf yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan artikulasi sebagai salah satu kemampuan yang harus dilatih pada masa persiapan sebelum belajar membaca (pre reading), (2) memperoleh data mengenai pengaruh pelatihan mengucap berdasarkan standar huruf terhadap peningkatan kemampuan artikulasi pada siswa PAUD ¡¨M¡¨. Subjek penelitian adalah siswa PAUD ¡¨M¡¨ sebanyak 8 orang, berjenis kelamin laki-laki dan perempuan, berusia 5 sampai dengan 6 tahun yang dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Perancangan pelatihan mengucap menggunakan standar huruf untuk melatih cara pengucapan bunyi konsonan dengan pendekatan multiphonemic dan metode behavior modification sebagai treatment terhadap siswa-siswa PAUD ¡¨M¡¨. Untuk menguji pengaruh pelatihan digunakan pendekatan quasi eksperimental, yaitu nonequivalent control group design. Data didapat dari hasil pengukuran lamanya waktu yang dibutuhkan anak untuk mengartikulasi kata yang didengar dengan tepat dan observasi selama proses pelatihan. Pengujian hipotesis menggunakan statistik uji t dengan uji satu pihak. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mengartikulasi kata yang didengar pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Perbedaan ditunjukkan dari semakin sedikitnya waktu yang dibutuhkan anak untuk mengartikulasi kata yang didengarnya dengan tepat pada kelompok yang mendapat pelatihan mengucap (2p=0.042, ƒÑ=0.05). Hasil observasi menunjukkan anak semakin lancar dan cepat dalam mengartikulasi kata dengan tepat.

This research titled Rancangan Pelatihan Mengucap (Pronouncing Training) based on the letter standard to the children aged 5-6 years old was aimed to improve the articulation ability as one of Basic Aspect in Preparing A Child How to Read (Pre-reading) and is done in order to: (1) get a pronouncing training design using the letters standard that can be used to improve the articulation ability as one of the abilities that must be trained in the preparation period before learning how to read (pre reading), (2) get the data about influence of pronouncing training based on the letters standard to the improvement of articulation ability to the PAUD ¡§M¡¨ students. The Subjects of this research are 8 students of PAUD ¡§M¡¨, females and males, aged 5 to 6 years who were divided into 2 groups, experimental group and control group. The pronouncing training design uses letters standard to train the way to pronounce consonant sounds using multiphonemic approach as a treatment for PAUD ¡§M¡¨ students. To evaluate the training influence, an experimental quasi approach that is nonequivalent control group design was used. The data was gained from time measurement to children in articulation the words that accurately heard by them along with the observation during training process. The hypothesis evaluation was using the ¡§t test¡¨ statistic for a personal test. The results showed the difference in speed of reaction time in articulating the words that they heard in the experimental group compared with the control group, whereas in the experimental group increased significantly to the children articulation ability compared with the control group. It is evident from the result of the research was shown by the children¡¦s period in articulating the words that they heard accurately in the group which experienced pronouncing training (2p = 0042, ƒÑ = 0.05). The observations show the children the more smoothly and quickly in articulate words correctly.

Untuk keterangan lebih lanjut silahkan menghubungi http://cisral.unpad.ac.id