Abstrak RSS

“ Ayo Ke Kantor Pos “ (Studi Kasus Strategi Komunikasi Pemasaran Pt Pos Indonesia)

“ Ayo Ke Kantor Pos “ (Studi Kasus Strategi Komunikasi Pemasaran Pt Pos Indonesia)
Frida Olivia Esya
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Frida Olivia Esya, 170220070035, “Ayo Ke Kantor Pos” (Studi Kasus Strategi Komunikasi Pemasaran PT Pos Indonesia), di bawah bimbingan Prof. Dr. Engkus Kuswarno, M.S. dan Drs. Iriana Bakti M.Si. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui latar belakang dilakukannya strategi komunikasi pemasaran “Ayo Ke Kantor Pos”, proses komunikasi kelompok yang terjadi dalam perumusan strategi komunikasi pemasaran “Ayo Ke Kantor Pos dan strategi komunikasi pemasaran “Ayo Ke Kantor Pos” itu sendiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode penelitian studi kasus. Metode studi kasus yang digunakan adalah studi kasus deskriptif, yaitu studi kasus yang tujuannya untuk memberikan gambaran yang mendalam dan detail mengenai sebuah kasus. Metode ini memberikan gambaran yang mendalam dan detail mengenai hal-hal yang berkaitan dengan ”bagaimana” terbentuknya strategi komunikasi pemasaran”Ayo Ke Kantor Pos” dan ”mengapa” dipilih program ”Ayo Ke Kantor Pos”. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, fokus terarah dan teliti terhadap subjek penelitian sehingga data yang didapatkan lebih akurat, komprehensif, dan kredibel. Untuk melengkapi dan memperkaya data atau informasi yang diperoleh melalui wawancara mendalam, dilakukan juga observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran “Ayo Ke Kantor Pos” merupakan tema strategi komunikasi PT Pos Indonesia pada tahap periode 2009 – 2010 yang dilatarbelakangi oleh upaya PT Pos Indonesia dalam menghadapi tingkat persaingan bisnis yang makin tinggi di bidang jasa pos dan logistik. Salah satu upaya yang dilakukan adalah meningkatkan kualitas pelayanan dengan mengkoordinasikan fungsi-fungsi agar berorientasi pada pelayanan yang lebih berkualitas di Kantor Pos melalui pembenahan tiga pilar layanan yakni operational excellence, service excellence dan physical evidence yang pada awalnya merupakan kampanye internal dengan tagline ”Ayo Ke Kantor Pos”. Pada tahap selanjutnya dibentuklah tim yang yang bertugas menggalang semangat dan kampanye ”Ayo Ke Kantor Pos” dan ditambahkanlah unsur komunikasi pemasaran ke dalam kampanye ”Ayo Ke Kantor Pos”. Pada saat terbentuknya Direktorat Pemasaran dan Pengembangan Bisnis, ”Ayo Ke Kantor Pos” dijadikan program komunikasi pemasaran PT Pos Indonesia.

Frida Olivia Esya, 170220070035, “Ayo ke Kantor Pos” (A Case Study Marketing Communication of PT Pos Indonesia), under the guidance of Prof. Dr. H. Engkus Kuswarno, M.S. and Drs. Iriana Bakti M.Si. The objective of this research is to understand the backgrounds of the marketing communication strategy “Ayo ke Kantor Pos”, the process of group discussion that came about in formulating the marketing communication strategy and the marketing communication strategy “Ayo ke Kantor Pos” itself. The research applies qualitative approach, using case study. The case study method used is descriptive case study, a case study that tries to deeply describe details in connection of the question how this strategy was formed and why this program was selected. Data were accessed from intensive interviews, with guided focus and thoroughly directed toward the research subjects to obtain more accurate, comprehensive and credible data. To complete and to enrich the data or information accessed, observation and documentation study were also carried out. The research results show that the marketing communication strategy “Ayo ke Kantor Pos” is the communication strategic theme of PT Pos Indonesia in the period of 2009-2010 backed by the effort to face high business competition in the field of post and logistics to improve services by coordinating functions to offer maximum quality services in post offices by conducting three-pillar services, namely, operational excellence, service excellence dan physical evidence, which at the beginning was an internal business campaign using “Ayo ke Kantor Pos” as its tagline. In later development a team was set up to promote the campaign spirit “Ayo ke Kantor Pos”. In time of the formation of Business Marketing and Development Directorate, “Ayo ke Kantor Pos” became the program of marketing communication of PT Pos Indonesia.

Untuk keterangan lebih lanjut silahkan menghubungi http://cisral.unpad.ac.id