Abstrak
Pengaruh Kompetensi Tenaga Kependidikan Terhadap Kualitas Pelayanan Pendidikan Pada Sekolah Dasar Negeri Di Kota Adminstrasi Jakarta Pusat
Zainal Soleman
Unpad
Indonesia
Unpad
dan Skills, knowledge, Motives, self-concept, traits
Fenomena yang dijadikan obyek penelitian adalah kualitas pelayanan pendidikan pada Sekolah Dasar Negeri di Kota Administrasi Jakarta Pusat yang teridentifikasi belum optimal, dan korelasinya dengan masalah kompetensi tenaga kependidikan. Tujuan penelitian adalah memperoleh konsep baru bagi pengembangan ilmu pengetahuan terutama pengembangan Ilmu Pemerintahan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang dilaksanakan dengan pendekatan survey sample. Sampel penelitian sebanyak 344 responden diambil dari populasi sebanyak 26.159 orang dengan menggunakan power analyisis. Pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan, kuesioner penelitian dan observasi. Analisis data menggunakan Analisis SEM (Structural Equation Model Analysis). Dari pembahasan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa kompetensi tenaga kependidikan berpengaruh terhadap kualitas pelayanan pendidikan pada SD Negeri di Kota Administrasi Jakarta Pusat. Besarnya pengaruh kompetensi tenaga kependidikan terhadap kualitas pelayanan pendidikan pada SD Negeri ditentukan oleh motives, traits, self-concept, knowledge, dan Skills. Adanya pengaruh tersebut menunjukkan bahwa di antara kompetensi dengan kualitas pelayanan pendidikan tersebut terjalin suatu hubungan kausalitas yang bermakna bahwa apabila kompetensi tenaga kependidikan ditingkatkan atau meningkat maka secara stimulan peningkatan tersebut diikuti dengan peningkatan kualitas pelayanan pendidikan. Dengan demikian kualitas pelayanan pendidikan pada SD Negeri di Kota Administrasi Jakarta Pusat dapat ditingkat dengan meningkatkan kompetensi tenaga kependidikan. Dari hasil pengukuran keeratan hubungan variabel-variabel manifes pada variabel letan eksogen kompetensi tenaga kependidikan diketahui bahwa kontribusi keeratan hubungan variabel manifes yang paling besar dalam proses pembentukan pengaruh kompetensi tenaga kependidikan terhadap kualitas pelayanan pendidikan pada SD Negeri adalah variabel-variabel teramati yang terkonstruksi pada dimensi knowledge. Variabelvariabel teramati (indikator) yang dimaksud adalah pemahaman kebijakan pendidikan, pemahaman manajemen pendidikan, pengetahuan sumberdaya pendidikan dan penguasaan teknologi pendidikan.
The phenomenon that raised an issue of research is quality of educational services at State Primary School in Central Jakarta Munipacility identified not optimal, and its correlation with the issue of education staffs competence. The research objective was to obtain a new concept for the development of science, especially the development of Government Science. The research method used was a quantitative study conducted with a sample survey approach. The research sample of 344 respondents taken from a population of 26,159 people used power analysis. Data collection using a literature study, questionnaires and observation research. Analysis of data analysis using Structural Equation Model Analysis. From the discussion of the research results obtained the conclusion that competence influenced toward the quality of education services at primary schools in Central Jakarta Munipacility. Magnitude of the education staffs competence influence toward the quality of education services at primary schools is determined by the motives, traits, self-concept, knowledge, and skills. The existence of these influence showed that among the education staffs competencies with the quality of educational services is established a causal relationship which means that if the education staffs competence is enhanced or increased by stimulants increase was followed by an increase in the quality of educational services. Thus the quality of educational services at the Elementary School in Central Jakarta Munipacility to level with the increasing competence of educational personnel. From the results of measurement of the closeness of the relationship manifest variables on the exogenous latent variables of education staffs competence is known that the contribution of the closeness of the relationship the greatest manifests variable in the process of establishing the influence of competence toward the quality of education services at primary schools is the manifest variables are constructed on the dimensions of knowledge. Manifest variables (indicators) in question is the understanding of educational policy, understanding of educational management, knowledge of education resources and mastery of education technology.
Untuk keterangan lebih lanjut silahkan menghubungi http://cisral.unpad.ac.id