Abstrak
Membangun Strategi Bersaing Dan Strategi Kerjasama Melalui Manajemen Pengetahuan Dan Manajemen Inovasi Dalam Pencapaian Kinerja Perguruan Tinggi (Penelitian Di Perguruan Tinggi Swasta Dki Jakarta)
Dyah Budiasuti
Unpad
Indonesia
Unpad
dan strategi kerjasama., kinerja perguruantinggi, manajemen inovasi, manajemen pengetahuan, strategi bersaing
Perguruan Tinggi Swasta ikut berperan penting dalam penyelenggaran pendidikan tinggi di Indonesia, yang fungsi utamanya menghasilkan ilmu pengetahuan dan teknologi dan melahirkan sumberdaya manusia yang kreatif dan inovatif sebagai salah satu indikator daya saing bangsa. Perguruan tinggi memerlukan sumberdaya baik sumberdaya berwujud (tangible resources) maupun sumberdaya nirwujud (intangible resources) untuk mendukung proses inti (pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat) maupun proses penunjang (integrasi pemasaran, operasional, keuangan, dan talent management). Walaupun pengelola perguruan tinggi menganggap sama pentingnya dalam memperhatikan sumberdaya berwujud dan sumberdaya nirwujud namun di dalam implementasinya ternyata sampai saat ini para pengelola lebih memilih untuk memberikan perhatian lebih pada sumberdaya berwujud dari pada sumberdaya nirwujud. Hal inilah yang diduga menjadi penyebab ketidakmampuan PTS di DKI Jakarta untuk bersaing secara unggul dan ketidakmampuan mengimplementasikan strategi kerjasama secara stratejik sehingga belum mampu mencapai kinerja yang diharapakannya. Penelitian ini bertujuan untuk menggali data dan informasi serta mengkaji secara mendalam tentang peran manajemen pengetahuan dan manajemen inovasi terhadap keberhasilan strategi kerjasama dan strategi bersaing dalam pencapaian kinerja PTS di DKI Jakarta. Penelitian ini bersifat deskriptif dan verifikatif, menggunakan pendekatan ilmu manajemen strategi, dan metode penelitian yang digunakan adalah metode survey eksplanatori terhadap 184 perguruan tinggi swasta yang menjadi unit observasinya. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kuesioner, sedangkan pengolahan datanya menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) – Partial Least Square. Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja perguruan tinggi dapat dicapai dengan mengimplementasikan manajemen pengetahuan dan manajemen inovasi melaluis trategi kerjasama maupun strategi bersaing, dimana strategi kerjasama lebih berperan dalam pencapaian kinerja perguruan tinggi dibandingkan strategi bersaing, dan kemampuan mengelola inovasi sangat dominan dalam keberhasilannya. Oleh karena itu pengelola PTS di DKI Jakarta perlu meningkatkan kemampuannya dalam manajemen pengetahuan dan manajemen inovasi sehingga mampu menggunakan dan mengelola sumberdaya nirwujudnya sebagai kekuatan untuk menciptakan atau meningkatkan nilai bagi organisasi.
Private higher education plays an important role in the development of higher education in Indonesia, such as to produce science and technology as well as to produce creative and innovative human resources which considered as the indicator for competitiveness of a nation. Higher education requires both tangible and intangible resources to support the main process (education, research, and community service) and also the supporting process (integrated marketing, operational, finance, and talent management). Although leaders of higher education consider that both tangible and intangible resources are equally important, however during the implementation, they tend to give more attention towards the tangible resources. This results in the incapability for private higher education in DKI Jakarta to fully compete and to implement a strategic partnership which then leads to incapability to obtain optimal performance. The objective of this research is to gather data and information and also to analyze how knowledge and innovation management are important for developing successful partnership and competitive strategic in achieving optimal performance for private higher education in DKI Jakarta. This research is descriptive and verifying and applying the approach of strategic management science. The method of research uses explanatory survey method towards 184 private higher educations as the observation units. The data gathering applies observation, interview, and questioner; meanwhile, the data processing applies Structural Equation Modeling (SEM) – Partial Least Square. The result of research indicates that the performance of higher education can be achieved by implementing knowledge and innovation management through developing competitive and partnership strategy, where partnership strategy plays more role compared with competitive strategy and the capability in managing innovation is dominant in determining the success. Therefore, leaders of higher education in DKI Jakarta have to improve their capability in knowledge and innovation management in order to implement and managing their tangible resources to be the power in generating and improving value for the organization.
Untuk keterangan lebih lanjut silahkan menghubungi http://cisral.unpad.ac.id