Abstrak RSS

Pengaruh Komunikasi Pemasaran Jasa terhadap Pencitraan Pasien Mengenai Rumah Sakit Bersalin Emma Poeradiredja

Pengaruh Komunikasi Pemasaran Jasa terhadap Pencitraan Pasien Mengenai Rumah Sakit Bersalin Emma Poeradiredja
Prima Mulyasari Agustini
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , ,

PRIMA MULYASARI AGUSTINI, Pengaruh Komunikasi Pemasaran Jasa terhadap Pencitraan Pasien MengenaiRumah Sakit Bersalin Emma Poeradiredja(Survei Eksplanatori mengenai Pengaruh Komunikasi Pemasaran Jasa terhadap Pencitraan Pasien Mengenai Rumah Sakit Bersalin Emma Poeradiredja MelaluiResiko,Kualitas Jasa, dan Posisi Jasa yang Diterima Pasien Periode Juni- September 2011 di Kota Bandung), di bawah bimbingan Prof. Dr. Hj. Nina WinangsihSyam, MS, sebagai Ketua Tim Promotor, Prof. H. DeddyMulyana, MA., Ph.D, sebagaiAnggota Tim Promotor, dan Dr. Hj. Betty. R. F. Sabur, MS, selaku Anggota Tim Promotor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuidanmenganalisis: (1) pengaruh komunikasi pemasaran jasa Rumah Sakit Bersalin Emma Poeradiredja terhadap resiko yang diterima pasien (2) pengaruh komunikasi pemasaran jasa Rumah Sakit Bersalin Emma Poeradiredja terhadap kualitas jasa yang diterima pasien, dan (3) pengaruh komunikasi pemasaran jasa Rumah Sakit Bersalin Emma Poeradiredja terhadap posisi jasa pada pasien.Objek penelitian ini adalah RumahSakitBersalin Emma Poeradiredja di Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode surveieksplanatori. Data penelitian meliputi data primer dan data sekunder. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan verifikatif. Metode verifikatif dengan menggunakan structure equation modeling (SEM). Hasil analisis deskriptif dalam penelitian ini, mengnidikasikan komunikas ipemasaran jasa rumah sakit bersalin yang dinilai paling tinggi adalah kemampuan pihakrumah sakit besalindalam menyediaka nfasilitas eksteriordan interior. Resiko yang diterima pasien yang dinilai paling tinggi adala htingkat kesediaan untuk menerima resiko pada dirisendiri secara fisik akiba t penggunaan jasa rumah sakit bersalin.Kualitasjasa yang diterimapasien yang dinilai paling tinggi adalah tingka tkelayakan peralatan dan teknologi yang digunakan, fasilitasfisikdansaranapenunjang yang tersedia, tingkatkebersihanruangandangedung, dantingkatkerapihanpetugasmedisdanpetugaslainnya.Posisijasapadapasien yang dinilai paling tinggiadalianhgtkatkelayakanharga yangditawarkanrumahsakitbersalin.AnalisisdenganmenggunakanSEM, mengindikasikanbahwa (1) komunikasi pemasaran jasa Rumah Sakit Bersalin Emma Poeradiredjaberpengaruh terhadap resiko yang diterima pasien, (2) komunikasi pemasaran jasa Rumah Sakit Bersalin Emma Poeradiredjaberpengaruh terhadap kualitas jasa yang diterima pasien, dan (3)komunikasi pemasaran jasa Rumah Sakit Bersalin EmmaPoeradiredjaberpengaruh terhadap posisi jasa pada pasien, baik secara simultan maupun parsial. Dengan demikian, komunikasi pemasaran jasa berpengaruh terhadap pencitraan pasienmengenai Rumah Sakit Bersalin Emma Poeradiredja.M

PRIMA MULYASARI AGUSTINI, The Influence of Service Marketing Communication on Patient Imagery about Rumah Sakit Bersalin Emma Poeradiredja (An Explanatory Survey of The Influence of Service Marketing Communication on Patient Imagery about Rumah Sakit Bersalin Emma Poeradiredja on Perceived Risk, Perceived Service Quality, and Service Position to the Patients during the period June – September 2011 in Kota Bandung), under supervision of Prof. Dr. Hj. Nina Winangsih Syam, MS, as Promotor, Prof. H. Deddy Mulyana, MA., Ph.D, and Dr. Hj. Betty. R. F. Sabur, MS, as co- Promotors. The purposes of this research are to know and to analyze: (1) the influence of service marketing communication of Rumah Sakit Bersalin Emma Poeradiredja on the perceived risk by the patient, (2) the influence of service marketing communication of Rumah Sakit Bersalin Emma Poeradiredja on the perceived service quality by the patient, dan (3) the influence of service marketing communication of Rumah Sakit Bersalin Emma Poeradiredja on service position to the patient. The object of this research is Rumah Sakit Bersalin Emma Poeradiredja in Kota Bandung. The research method conducted is explanatory survey. Research data consists of primary and secondary. Descriptive and verificative analysis methods are applied in this research. Structure Equation Modeling (SEM) is applied for verificative method. The result of descriptive analysis of this research indicates that service marketing communication of Rumah Sakit Bersalin Emma Poeradiredja which has high value is the ability of providing interior and exterior facilities. The perceived risk by the patient which has high value is level of the patient willingness to accept physical risk based on the use of Rumah Sakit Bersalin Emma Poeradiredja service. The perceived service quality by the patient which has high value is level of the worthiness of equipment and technology which are used, physical facilities, the availability of supporting infrastructure, level of the rooms and buildings cleanliness, and level of the neatness of medical, paramedical, and others staff. The service position to the patient which has high value is level of the price worthiness offered by Rumah Sakit Bersalin Emma Poeradiredja. The result of SEM Analysis indicates that (1) service marketing communication of Rumah Sakit Bersalin Emma Poeradiredja influenced the perceived risk by patient. (2) service marketing communication of Rumah Sakit Bersalin Emma Poeradiredja influenced the perceived service quality by patient, and (3) service marketing communication of Rumah Sakit Bersalin Emma Poeradiredja influenced the service position to the patient, either simultaneously or partially. In conclusion, service marketing communication influenced patient imagery about Rumah Sakit Bersalin Emma Poeradiredja.

Untuk keterangan lebih lanjut silahkan menghubungi http://cisral.unpad.ac.id