Abstrak RSS

Peran Penggunaan Internet Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif (Ipk) Mahasiswa Unpad

Peran Penggunaan Internet Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif (Ipk) Mahasiswa Unpad
Gina Fauziah
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Saat ini internet sudah menjadi alat pencari informasi yang paling sering digunakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan informasinya. Penggunaan internet merupakan alat penelusur informasi yang mudah, cepat, akurat dan murah. Mahasiswa dapat mengakses berbagai jenis informasi dan pengetahuan melalui internet, termasuk informasi akademik dan ilmiah yang mendukung perkuliahan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penggunaan metode kuantitatif deskriptif dalam penelitian ini ada adalah untuk mengetahui secara mendalam bagaimana penggunaan internet di kalangan mahasiswa Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik Geologi, dan Fakultas Ilmu Komunikasi Angkatan 2011-2012 di Universitas Padjadjaran berdampak pada Indeks Prestasi Akademik (IPK), tanpa melakukan pengujian hipotesis. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 94 orang.Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan penyebaran angket yang dilakukan di sekitar Kampus Universitas Padjadjaran Jatinangor, wawancara, dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan internet di kalangan mahasiswa adalah untuk memenuhi kebutuhan informasi yang bersifat ilmiah, edukatif yang mendukung perkuliahan yang berpengaruh pada Indeks Prestasi Akademik (IPK) mahasiswa dan informasi non akademik seperti jejaring sosial Jenis pengguna internet dalam penelitian termasuk kedalam kategori heavy users dimana pengguna mengakses internet lebih dari 40 jam kerja dalam sebulan. Penggunaan internet

Now days internet become a source of information that most people use to find the information needed, even for students. Use of the Internet to meet the needs of as a source of information due to the easy, fast, accurate, inexpensive and accurate. Through the Internet students can access a variety of information and knowledge in accordance with the relevant requirements according to their academic interests. Thus enabling students to obtain information related to their academic through every related information access information sources on the Internet. This study uses a quantitative approach to the comparative type. Type comparative chosen by researchers because researchers wanted to compare how the use of the Internet by students Medichal Faculty, Engineering and Geology Faculty and Communication Faculty 2011-12 in Padjadjaran University to know how intentet usage give influence GPA Students, without performing hypothesis testing. The number of respondents in this study were 94 people. Data were collected using questionnaires and interviews with some of the respondents who have been selected by the researchers for answers as clear as possible and the facts that support this research.The results of this study found that college students as respondent in this research is use the Internet is to integrative cognitive and social motives with Internet usage patterns in the category of heavy users. To this effect will be felt as supporting the use of the internet is improve academic achievement.

Untuk keterangan lebih lanjut silahkan menghubungi http://cisral.unpad.ac.id