Abstrak RSS

Pelatihan Untuk Meningkatkan Pengetahuan Ibu Mengenai Pendampingan Pada Remaja Putri Dengan Intellectual Disabilities Tingkat Sedang Usia10-13 Tahun menghadapi Menstruasi Pertama

Pelatihan Untuk Meningkatkan Pengetahuan Ibu Mengenai Pendampingan Pada Remaja Putri Dengan Intellectual Disabilities Tingkat Sedang Usia10-13 Tahun menghadapi Menstruasi Pertama
Ika Fitria
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Penelitian ini dilakukan atas dasar pentingnya ibu memiliki pengetahuan tentang pendampingan pada remaja putri dengan intellectual disabilities tingkat sedang menghadapi menstruasi pertama (menarche). Dalam pendampingan, ibu berarti menolong putri mereka berkembang selama periode menstruasinya yaitu dengan menanggapi kebutuhan-kebutuhan putrinya saat menghadapi menstruasi serta berusaha menumbuhkan diri anak sesuai dengan potensi dengan memperhatikan keterbatasan yang dimilikinya. Remaja putri dengan Intellectual Ddisabilities tingkat sedang pada umumnya mengalami perubahan fisik dan hormon yang hampir sama dengan remaja pada umumnya. Tetapi mereka memiliki kapasitas intelektual terbatas untuk memahami perubahan yang terjadi pada saat menstruasi dan mengembangkan kemandirian dalam mengurusnya. Oleh sebab itu, dibutuhkan seorang pendamping yaitu ibu untuk membantu mereka melewati menarche dengan optimal. Agar bisa menjadi pendamping yang optimal terdapat 3 unsur utama yang hendaknya dimiliki oleh ibu yaitu memiliki pengetahuan, melakukan perubahan irama, dan menunjukkan kesabaran. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh modul pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan ibu mengenai pendampingan pada remaja putri 10 – 13 tahun dengan Intellectual Disabilities tingkat sedang menghadapi menstruasi pertama. Pelatihan ini menggunakan pendekatan adult learning dan mengacu pada teori pendampingan dari Mayeroff (1971). Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi eksperimental,dengan desain one group pre-test – post-test. Pengukuran dilakukan dengan memberikan kuesioner mengenai pendampingan sebelum dan sesudah pelatihan. Subyek dalam penelitian ini terdiri dari 5 orangibu yang memiliki putri usia 10 – 13 tahun, belum menarche, dan mengalami Intellectual Disabilities tingkat sedang. Pengujian statistik terhadap pengukuran pengetahuan ibu dilakukan dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank untuk sampel kecil dengan taraf kepercayaan 95%. Hasil Uji statistik menunjukkan bahwa nilai Wilcoxon T=0 < Critical Value=0,03 yang berarti program pelatihan yang dilakukan memberikan pengaruh dalam meningkatkan pengetahuan ibu mengenai pendampingan pada remaja putri dengan Intellectual Disabilities usia 10 – 13 tahun tingkat sedang menghadapi menstruasi pertama.

This research was addressed to the importance of mother’s knowledge on caring her teenager daughter with moderate intellectual disabilities which having first period of menstruation (menarche). On caring, means that mother should help her daughters develop on their menstruation period by fulfill their needs during the period and grows their potential capacity considering their limitations. Generally, teenager girls with moderate intellectual disabilities encounter same hormonal and physical transformation with regular girls during puberty. But, they have limitations of their capacity to understand the changes that occur on menstruation period and how to manage it. Therefore, on this period they need someone who could be a caregiver, a companion, that will help them through the menarche optimally, which is their mother. To became an optimum caregiver, there are three elements that should have acknowledged by mother which are knowing, alternating rhythms, and patience. The aim of this study was to acquire a training module to improve mother’s knowledge on caring her teenager daughter with moderate level intellectual disabilities which having first period of menstruation. This training is based on adult learning approach and refers to the caring theory from Mayeroff (1971). The design of this research was quasi experimental with one group of pretest – post-test, questionnaires about caring were given before and after the treatment. The subjects on this research were 5 mothers of 10-13 years old daughter with moderate level intellectual disabilities who haven’t experienced menarche yet. Statistical examination of the mothers’ knowledge used on this research was Wilcoxon Signed Rank on small sample that shows confidence level on 95%. The examination indicates Wilcoxon T=0 < Critical Value=0.03, which means that the training was significant to mother’s knowledge on caring her teenager daughter with moderate intellectual disabilities which having first period of menstruation.

Untuk keterangan lebih lanjut silahkan menghubungi http://cisral.unpad.ac.id