Abstrak
Pengaruh Daya Tarik Pasar Dan Keunikan Sumber Daya Terhadap Strategi Bersaing Dan Kreasi Nilai Serta Implikasinya Pada Kinerja Bisnis (Studi Di Lingkungan Unit Bisnis Industri Strategis Berbasis Pertahanan Di Indonesia)
Ivan Yulivan
Unpad
Indonesia
Unpad
Daya tarik pasar, keunikan sumberdaya, kinerja bisnis, Kreasi nilai, strategi bersaing
Peran industri strategis sangatlah penting, khususnya sebagai penunjang industri pengolahan menuju industri berteknologi tinggi, menciptakan sinergi dan mempersiapkan pembangunan prasarana yang lengkap dalam rangka mendukung pembangunan ekonomi nasional dan membangun industri pertahanan yang dibutuhkan. Sisi ironi yang terjadi adalah sedemikian pentingnya peran sektor industri ini akan tetapi lebih dari 10 tahun terakhir sektor industri strategis malah semakin terpuruk. Fakta yang ada dari hasil survey pendahuluan (Maret, 2012), pada umumnya Unit-unit Bisnis Industri Strategis masih sulit untuk mencapai target penjualan capaian target pada umumnya dalam kurun waktu lima tahun terakhir sulit mencapai 80%, apa lagi mencapai 100 % atau lebih. Keuntungan yang diperoleh masih kecil dan bahkan ada beberapa Unit Bisnis yang merugi. Tidak optimalnya kinerja bisnis industri strategis berbasis pertahanan dewasa ini diduga disebabkan karena masih memiliki kelemahan dalam perancangan strategi bersaing serta penciptaan kreasi nilai (value creation) cenderung belum sepenuhnya mengacu kepada tuntutan pasar, serta disamping itu tidak maksimalnya kinerja bisnis industri strategis, juga ditunjang oleh belum mampunya pihak manajemen mengekplorasi daya tarik pasar di wilayah operasinya secara optimal, serta masih banyak peluang bisnis yang tampaknya masih sulit untuk dimanfaatkan. Dari fenomena di atas jelas bahwa industri strategis berbasis pertahanan saat ini belum mampu secara seksama melakukan antisipasi peluang bisnis yang ada, belum siap berkompetisi secara inten karena masih terbatasnya sumber daya, serta masih sulitnya mengakses pasar karena keterbatasan kapabilitas SDM dan sarana penunjang. Berdasarkan uraian di atas, maka menarik dikaji ke dalam sebuah penelitian dengan tujuan untuk menggali dan mengkaji data dan informasi tentang pengaruh daya tarik pasar, keunikan sumber daya terhadap strategi bersaing dan kreasi nilai serta implikasinya pada kinerja bisnis unit bisnis industri strategis berbasis pertahanan di Indonesia. Adapun tipe penyelidikan yang digunakan adalah kausalitas yakni melakukan pengujian hubungan dan pengaruh antara variabel bebas dan variabel terikat. Pendekatan analisis serta teknik solusi yang akan dipergunakan sebagai alat analisis (tool analysis) di dalam penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS). PLS merupakan metode alternatif analisis dengan Structural Equation Modelling (SEM) yang berbasis variance. Dari hasil pengujian hipotesis verifikatif terungkap bahwa keunikan sumber daya Unit-Unit Bisnis Industri Strategis Berbasis Pertahanan memiliki pengaruh yang dominan bila dibandingkan dengan pengaruh daya tarik pasar dalam menciptakan strategi bersaing dan mengembangkan kreasi nilai.
The role of strategic industries is very important, especially to support the processing industry toward high-tech industries, create synergies and to prepare a comprehensive infrastructure development in order to support national economic development and building a defense industry needed. The irony side that occurs is so important is the role of the industrial sector but more than last 10 years , the strategic industrial sectors even worse off. The facts of the preliminary survey (March, 2012), in general in the past five years , the Strategic Industries Business Units still difficult to achieve sales target achievement reach 80%, moreever achieve 100% or more. Gain still small and even some of the Business Unit were off. Not optimal of business performance of based-defense strategic industries today is believed to be caused because they have a weakness in the design of competitive strategy and the creation of value creation which tend to be not fully refer to the demands of the market, and not maximum in business performance of strategic industries, is also supported by the inability of management in exploring market attractiveness in the area of operation , and many business opportunities that seem still difficult to exploit. From the above it is clear that the phenomenon of has not been able to carefully anticipate the business opportunities that exist and are not ready to compete in intense because there are limited resources and the difficulty of accessing the market due to the limited capabilities of human resources and supporting facilities. Based on the above, it is interesting to be studied in a study with the aim to explore and assess data and information about the effect of market attractiveness, unique resource to competitive strategy and value creation, and the implications on business performance of based-defense strategic industries in Indonesia. As for the type of investigation is used causality which test the relationship and effect between the independent variables and the dependent variable. Analytical approach and technical solutions that will be used as a tool of analysis in this study is the Partial Least Square (PLS). PLS is an alternative method of analysis with Structural Equation Modelling (SEM) based variance. Verification of the hypothesis testing results revealed that the unique resource of based-defense strategic industries Business units has a dominant effect when compared with the effect of market attractiveness in developing competitive strategy and value creation.
Untuk keterangan lebih lanjut silahkan menghubungi http://cisral.unpad.ac.id