Abstrak RSS

Hubungan Antara Generalized Problematic Internet Use (GPIU) Terhadap Situs Jejaring Sosial Dengan Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran

Hubungan Antara Generalized Problematic Internet Use (GPIU) Terhadap Situs Jejaring Sosial Dengan Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran
A. Septina Mustikaningrum
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , ,

Situs jejaring sosial adalah produk internet yang menggejala di kalangan mahasiswa, yang digunakan untuk keperluan informasi, komunikasi, dan sebagai sarana hiburan. Mahasiswa memanfaatkan situs jejaring sosial juga untuk membantu mereka dalam mengerjakan tugas-tugas akademik. Penggunan situs jejaring sosial sebenarnya membawa banyak keuntungan bagi mahasiswa, namun di sisi lain, terdapat dampak negatif yang timbul, yaitu penggunaan yang berlebihan. Apabila situs jejaring sosial digunakan secara berlebihan maka dapat membuat mahasiswa mengembangkan perilaku generalized Problematic Internet Use (GPIU) atau kecanduan. Perilaku kecanduan ini dapat membuat mahasiswa melupakan dan menunda pengerjaan tugasnya, penundaan tugas itu disebut sebagai prokrastinasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana hubungan antara GPIU terhadap situs jejaring sosial dengan prokrastinasi akademik mahasiswa. Penelitian ini melibatkan mahasiswa angkatan 2011, 2012, dan 2013 di Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran yang berusia antara 18-22 tahun dan menggunakan situs jejaring sosial lebih dari 6 bulan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan jumlah responden sebanyak 90 orang. Data diperoleh melalui kuesioner hasil adaptasi dari Generalized Problematic Internet Use 2 oleh Caplan (2010), sedangkan prokrastinasi akademik diukur melalui kuesioner hasil adaptasi Tuckman Procrastination Scale (Tuckman, 1991). Hasil penelitian menunjukkan bahwa GPIU terhadap situs jejaring sosial memiliki hubungan positif yang rendah dengan perilaku prokrastinasi akademik. Dari hasil perhitungan koefisien determinasi didapatkan hasil 14,06% yang artinya GPIU hanya memberikan kontribusi sebesar 14,06% terhadap perilaku prokrastinasi akademik. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa angkatan 2011, 2012, dan 2013 di Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran berada dalam kategori GPIU sedang dengan derajat prokrastinasi akademik yang sedang pula. Hal itu juga menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa masih dapat melakukan pengendalian terhadap penggunaan situs jejaring sosialnya, sehingga perilaku prokrastinasi akademik yang dimunculkan belum sampai pada taraf yang mengkhawatirkan.

Social networking sites is a product of the internet that is famous among college students. These sites are used by them for gaining information, for communication purpose, and recreational use. College students also use social networking sites to help them finishing their academic tasks. The use of these sites actually give many benefits for college students but it also has its negative impact, for example, excessive usage. The excessive usage of these sites can lead them to generalized problematic internet use or social networking sites addiction. The addiction itself can make the college students forget about their academik task, thus it can make them delaying the completion of their academic tasks. This phenomenin is called academic procrastionation. The purpose of this study was to see how is the correlation between GPIU on social networking sites and academic procrastination among students of Psychology Faculty of Padjadjaran University. This research was conducted on 90 students from 1st, 2nd, and 3rd year, ranged between 18-22 years old, and have been using social networking sites for more than 6 months. The research method used in this study was correlational research with simple random sampling as the sampling method. The data was obtained through adaptation version of Generalized Problematic Internet Use 2 by Caplan (2010) and academic procrastination was measured using adaptaion version of Tuckman Procrastination Scale (Tuckman, 1991). The result showed that GPIU on social networking sites had a moderate low correlation with academic procrastination. The determination coefficient’s value was 14,06%, means GPIU gave contribution by 22% to academic procrastination.the result also showed that majority of students in this research were in moderate GPIU level and moderate academic procrastination level as well. Thus, these showed that majority of the students in this research still had a relatively good control of their social networking sites usage, so the academic procrastination done by the students hadn’t come to a worrying level.

Download: .PDF