Abstrak
Analisis Impulse Buying Pada Hypermarket Kota Bandung
Ria Arifianti
Unpad
Indonesia
Unpad
Hypermarket, impulse buying
Kota Bandung merupakan salah satu tujuan wisata di Indonesia. Salah satunya adalah wisata belanja. Salah satu yang mendukung hal tersebut adalah pasar modern. Hypermarket merupakan salah satu pasar modern yang memberikan kontribusi positif terhadap pemerintah dalam sektor ekonomi, tenaga kerja, pendapatan dan sebagainya. Berkembangnya ritel khususnya Hypermarket disinyalir mengakibatkan terjadinya perubahan perilaku dan mengakibatkan kecenderungan terjadinya impulse buying.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survai, yaitu penelitian yang menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang pokokMetode penelitian yang digunakan pada penelitian ini bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data : Observasi, Wawancara, Kuesioner berisi pertanyaan yang berkaitan dengan tema yang diusung. Teknik samplingnya adalah sistematik random sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Impulse buying terjadi di Bandung hanya sebagian yang melakukannya dan didasarkan kepada keputusan secara spontan dan ada di benak mereka atau dikatakan keputusan respek. Saran yang diajukan hanyalah untuk pengusahanya, yaitu perusahaan lebih memperhatikan penataan barang yang menarik.
Bandung is one of the tourist destinations in Indonesia. One of them is shopping. One of the support is the modern market. Hypermarket is one of the modern market that contributes positively to the government in the economy, employment, income and so on. Development of retail in particular Hypermarkets allegedly resulted in a change of behavior and resulting likelihood of impulse buying.
The research method used was a survey research methods, the research using questionnaires as a data collection tool that pokokMetode research used in this study is descriptive. Techniques of data collection: observation, interview, questionnaire contained questions relating to the theme.
The sampling technique is a systematic random sampling The results showed that the Impulse buying occurs in Bandung only partially do so, and based on the decisions spontaneously and on their minds or respect the decision said. Suggestions put forward is for the entrepreneur, the companies pay more attention to the arrangement of interesting stuff.